Aktivis Lingkungan Pandeglang Angkat Bicara Soal Sampah Masker Sekali Pakai Adalah B3 - serberita

Friday

Aktivis Lingkungan Pandeglang Angkat Bicara Soal Sampah Masker Sekali Pakai Adalah B3



WI | PANDEGLANG - Dampak pandemi Covid 19, yang sudah hampir satu  tahun,  merubah tatanan  bagi semua element Masyrakat 

Beberapa aktivis lingkungan menyoal efek terhadap ekonomi, sosial, budaya  dan lingkungan
 
Khusus terkait lingkungan, aktivis Lingkungan Pandeglang angkat bicara soal efek terhadap lingkungan yang diakibatkan  oleh penerapan wajib prokes penggunaan masker  .

Masker yang beredar  sekarang ini, ada beberapa macam. Diantaranya masker sekali pakai dan masker yang bisa di cuci kemudian dipakai kembali 

Efek penggunaan masker sekali pakai  seperti masker medis menjadi perhatian. Pasanya hasil limbah masker tersebut  masih banyak di gunakan oleh masyarakat.

Tidak seharusnya menggunakan masker Ini,  karena bisa menjadi masalah yang serius bagi lingkungan .
 

Selain menjadi  limbah,  masker medis  tergolong jenis  limbah B3 yang sangat berbahaya.

Limbah B3,  sampai saat ini belum ada pengolahan khusus terkait limbah  masker medis.

Intinya  semakin hari semakin menumpuk,  baik di TPA, di Pesisir Pantai , di Sungai Sungai dan  di sepanjang jalan.

Ini bisa  menjadi indikasi terjadinya kerusakan lingkungan kedepannya . 

Ditemui di Sekretariat Moana  Dive  Club,  Jum'at ( 01/01)  Zuy Permana mengatakan "bahwa sampah adalah tugas  kita bersama ,  " Tanpa terkecuali  sampah masker yang banyak ditemui banyak  lokasi"tegasnya.

Dia merasa prihatin banyaknya limbah masker  di pesisir dan di laut,  Ini adalah sebuah tragedi yang sangat menyedihkan .

Tambahnya bahwa flora dan fauna yang seharusnya  hidup aman dan nyaman  sekarang  dihadapkan dengan ancaman sampah berbahaya.

 "Kami berharap semua unsur masyarakat harus ikut andil  memikirkan solusinya.  Karena Kalau bukan kita siapa lagi. Peduli Ini daapat menjadi nncaman bagi lingkungan dan kita demua " Ujarnya .

Lebih jauh dia mengatajan dengan menggunakan masker yang dapat  dicuci dan dipakai ulang, lebih baik.

Ditemui ditempat kain , Yola Oktaverina Aktivis Komunitas Jauh Lampah, angkat bicara soal limbah masker mediis. Dia mengajak semua elemen harus  bergerak termasuk  pemerintah melalui dinas teknis 

Untuk menanggulangi masalah sampah Ini,  mengingat akhir akhir In sering terjadi kerusakan dan bencana  alam yang diiakibatkan salah satunya oleh sampah.

" Kita  harus siap, bila  nanti  pemerintah  menjalin kemitraan soal sampah limbah masker medis ditanggulangi bersama"pungkasnya 

(Red /Ayom )

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda