Peternak Domba di Lebak Dibanjiri Pesanan Jelang Idul Adha - serberita

Wednesday

Peternak Domba di Lebak Dibanjiri Pesanan Jelang Idul Adha


Kadang domba, milik Muhamad ilham
(Poto End)
SERBERITA COM| LEBAK
Peternak Domba di Kabupaten Lebak Provinsi Banten,  mengaku kebanjiran pesanan jelang Idul Adha, yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi 

Mungkin saja, banjirnya pemesan domba gara-gara Sapi  terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kalau untuk permintaan sendiri saat ini lebih banyaknya ke Domba dibanding Sapi dan kerbau. Kenapa? Karena memang saat ini banyaknya sapi dan kerbau yang terjangkit PMK," Menurut Peternak yang bernama Muhamad ilham dikediamannya pada (05/07/2022).

Dia mengaku rutin memberikan vitamin dan pakan yang cukup, untuk diternaknya demi mencegah penyebaran PMK. Dan selain itu, dia juga rutin membersihkan kandangnya.

"Iya jadi lebih sering dikasih vitamin, iya sama kebersihan kandang tentu saja," katanya.

Dia mengaku bisa menjual 5 sampai 10 Ekor Domba dalam satu minggu. Dan dia mengatakan harga Domba dijual 2 sampai 4 juta perekor.

"Harga masih sama. Alhamdulilah gak jatuh karena penyakit PMK," tuturnya.

Sebelum Pemkab Lebak menyebut kasus PMK ditemukan pada 304 ekor hewan ternak di Lebak Provinsi Banten. Dua hewan ternak diantaranya ada yang mati karena penyakit ini.

Asisten sekertaris Daerah (Asda), 2 Lebak Ajis Suhendi dengan mengatakan wabah penyakit PMK menyerang sapi dan kerbau di tiga kecamatan, yakni di Rangkasbitung, Wanasalam, dan Kalanganyar. 

"Hingga tanggal 25 Juni, kasus PMK di Lebak ada 304 ekor sapi dan kerbau," kata Ajis kepada awak media usai saat monitoring hewan ternak di Kecamatan Cibadak Lebak, Pàda Selasa (28/6).
(End)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda