Jelang Pilkades di Purwakarta, Balon Kades Keluhkan Biaya Tes Kesehatan - serberita

Monday

Jelang Pilkades di Purwakarta, Balon Kades Keluhkan Biaya Tes Kesehatan

RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Foto: Net)

wartaindustri id |
PURWAKARTA - Sejumlah bakal calon (balon) kepala desa (kades) di Kabupaten Purwakarta yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),  mengeluhkan biaya untuk tes kesehatan yang dianggapnya terlalu besar.

 

Mantan Kades Pondokbungur, Kecamatan Pondoksalam, Abun Cs, yang akan ikut Pilkades sebagai inkamben, membenarkan tes kesehatan yang disyaratkan oleh Panitia Pilkades, memberatkan balon kades.

 

"Tes kesehatan Pilkades sekarang, selain waktunya hanya beberapa hari, juga ada tes wawancra. Eh, biayanya mahal juga, tidak kurang dana habis Rp1.600.000," katanya.

 

Senada juga dikatakan Kades Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Deden Pranayudha, yang juga akan ikut Pilkades sebagai inkmaben, bahwa yang memberatkan bagi balon kades pada Pilkades sekarang adalah tes kesehatan.

 

Keluhan lainnya adalah pelaksanaannya yang terlalu lama dari saat diberhentikannya kades, karena akan ikut Pilkades. Sehingga jabatan kades oleh pejabat sementara (Pjs.) dinilai terlalu lama.

 

Sekadar mengingatkan Pilkades di Kabupaten Purwakarta  akan dilaksanakan 25 Agustus 2021. Jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades ada 170 desa.

 

Berkaitan dengn tes kesehatan yang dilaksanakan di BLU Bayu Asih, jumlah balon yang mengikuti tes kesehatan belum diketahui jumlahnya secara pasti.

 

Pengurus Gardapatih Kabupaten Purwakarta, Ahmad Lukman, mengatakan dinamika Pilkades di Purwakarta sekarang ini cukup tinggi. Antara lain diisyaratkan dengan tes kesehatan yang begitu ketat juga anggarannya yang mahal.

 

Bila satu desa ada balon dua orang saja, maka jumlah yang ikut tes kesehatan 340 orang. Sedangkan untuk Kecamatan  Plered, rata rata balon tiap desa lebih dari tiga orang," katanya, Minggu (9/5/2021).

 

Kepala BLU Bayu Asih,  Agung Darwis, belum dapat memberikan keterangan saat dihubungi melalui telepon selularnya, Minggu (9/5/2021). (Warin 02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda