Timnas Indonesia Bantai Timor Leste 4 - 1 Dalam Laga Uji Coba - serberita

Thursday

Timnas Indonesia Bantai Timor Leste 4 - 1 Dalam Laga Uji Coba


Lemparan bola Pratama Arhan, satu dari kelebihan pemain asal PSIS Semarang.
SERBERITA.COM | BALI - Tim Nasional (Timnas) Indonesia, membantai  Timor Leste, 4 - 1, dalam.laga uji coba, Kamis, 27 Januari 2022, di Stadion  I Wayan Dipta Gianyar Bali 

Walau tertinggal 0 -. 1, terlebih dahulu dimenit 45 pertama. Para pemain Timnas, unggul dalam statistik permainan. Dimotori pemain langganan Timnas Evans Dimas,  Ilham Jaya dan Ricky Kambuaya, beberapa peluang emas gagal dilesakan oleh para pemain Timnas.

Bahkan hanya dua kali serangan balik,  gawang Timnas Indonesia, kebobolan melalui serangan balik yang cepat Paulo Gali pada menit 35.

Bukan hanya itu, diakhir 45 menit Tim Timor Leste, hampir  menggandakan kemenangan 2 - 0, seandainya tendangan finalti gagal untuk menambah gol untuk tim Timor Leste .

Menit ke-45, eksekusi dilakukan Mozinho dan Syahrul Trisna berhasil menggagalkan eksekusi finalti.

Memasuki babak kedua terjadi tiga pergantian pemain. Pratama Arhan, dan Robaldo menjadi pemain yang mampu mewarnai permainan Timnas Indonesia.

Kecepatan Ronaldo bernomor punggung 10,  mampu merepotkan para pemain belakang  Timor Leste 

Kerjasama yang apik, antara Ronaldo dan Ricky Kambuaya, mampu menyamakan skor menjadi 1-1, berkat tendangan kaki kiri Ricky Kambuaya yang keras  meledak tanpa bisa dijangkau oleh penjaga gawang Timor Leste.

Arhan Pratama, merubah skor menjadi 2 - 1, melalui tendangan finalti. Tendangan pinalti Arhan Pratama, menusuk kesudut kiri gawang Timor Leste.

Lemparan bola Arhan Pratama, menjadi gol ketiga buat Timnas Indonesia dan merubah menjadi 3 - 1.

Gol bunuh diri pemain belakang Timor Leste, menjadi gol terakhir Timnas Indonesia sampai pertandingan berakhir menjadi 4 - 1.

Gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan. Dua gol lainnya dihasilkan bunuh diri lawan. Sementara itu gol dari Timor Leste dihasilkan oleh Paulo Gali.

Jalannya pertandingan dibabak Pertama
Timnas Indonesia langsung tampil menyerang sejak peluit dibunyikan. Peluang didapat oleh Edo pada menit ke-10. Namun tendangan melengkungnya dari luar kotak penalti masih bisa diblok oleh kiper Timor Leste.

Menit ke-15, peluang didapat Irfan Jaya setelah terjadi kemelut di area kotak penalti Timor Leste. Namun bola sepakan kaki kirinya melebar tipis di samping kanan gawang lawan.

Menit ke-21, peluang emas didapatkan oleh Dedik. Meski dikawal ketat lawan, ia bisa melepas tendangan dengan kaki kanannya. Namun bola masih membentur tiang gawang sebelah kiri Timor Leste.
Menit ke-26, Da Costa mendapat peluang mengancam gawang Indonesia. Namun tendangannya masih melambung tinggi.

Tak sampai semenit kemudian peluang emas didapat Dedik. Ricky Kambuaya lolos dari jebakan offside dan mengirim umpan datar ke tengah kotak penalti. Sayangnya ia gagal menjangkau bola tersebut. Peluang emas terbuang sia-sia.

Menit ke-35, akhirnya terjadi gol. Paulo Gali melancarkan serangan balik dari sisi sayap kanan. Ia mengecoh Dewangga dan bola lob sepakannya gagal dijangkau Trisna dan bersarang di gawang sebelah kanan. 0-1.

Menit ke-43, Edo melakukan kesalahan dalam mengumpan dan membuat Timor Leste bisa melancarkan serangan balik melalui Paulo Gali. Ia pun akhirnya terpaksa dihentikan oleh Trisna dan ini membuat skuat Garuda diganjar penalti.

Menit ke-45, eksekusi dilakukan Mozinho dan Trisna berhasil menepis bola yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Indonesia. Penyelamatan yang apik!

Babak pertama pun berakhir. Timnas Indonesia 1-0 Timor Leste.

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan ditarik dan digantikan Ronaldo Kwateh. Arhan Pratama masuk menggantikan Edo sementara Ramai Rumakiek digantikan oleh Hanis Saghara.

Timnas Indonesia pun berusaha keras untuk mendobrak pertahanan Timor Leste, khususnya dari sisi sayap kiri. Akan tetapi mereka masih kesulitan untuk menembus pertahanan ketat lawan.

Menit ke-56, Ronaldo menusuk masuk dari sayap kiri dan mengirim bola ke tiang jauh. Bola disundul Irfan namun bisa ditepis kiper lawan. Bola muntah disambar dengan tendangan kaki kanannya namun lagi-lagi masih gagal berbuah gol dan hanya menghasilkan Sepak pojok saja.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-64. Sepakan kaki kiri Ricky Kambuaya dari ujung kotak penalti bersarang ke pojok kiri atas gawang Timor Leste. 1-1!

Menit ke-71, bola lemparan Pratama Arhan membentur satu pemain dan menghantam mistar gawang. Bola kemudian bergulir liar dan ditendangan oleh Irfan Jaya. Bola ini kemudian mengenai tangan kiri bek Timor Leste.

Wasit pun menghadiahkan penalti bagi Timnas Indonesia. Di menit ke-72, Pratama Arhan sukses mengeksekusi penalti dari titik 12 pas. Bola bergulir masuk meski sempat terkena kiper Timor Leste. 2-1.

Menit ke-75, Indonesia mencetak gol lagi. Kali ini berkat lemparan ke dalam Pratama Arhan. Kiper Timor Leste berusaha untuk memetik bola di udara. Namun pergerakannya terhalang oleh rekannya sendiri. Bola gagal dihalau dengan tangan kanannya dan bergulir masuk ke gawang sendiri. 3-1.

Menit ke-79, Indonesia menambah satu gol lagi. Kali ini berkat bunuh diri pemain bertahan Timor Leste. Mereka gagal mengantisipasi umpan silang Pratama Arhan dari sisi kiri dengan baik. 4-1

Menit ke-85, Ferdinan melepas tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Timor Leste. Bola diarahkan langsung ke tiang dekat namun bisa dihalau keluar kiper Timor Leste.

Timor Leste tak menyerah meski sudah tertinggal tiga gol. Mereka berusaha menyerang di sisa waktu yang ada. Apalagi ada extra time selama lima menit. Namun mereka tak bisa mencetak gol tambahan. Pada akhirnya laga berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk Timnas Indonesia. Setelah ini kedua tim akan saling bentrok lagi pada hari Minggu (30/01/2022).

Pemain Timnas Indonesia, yang bermain bagus selain Pratama Arhan, juga Ronaldo seta Perdinan. Ketiga pemain tersebut, berusia muda menjfi pemain tambahan selain nanti bergabung Asmawi, Witan Sulaeman dan Elkan.

Susunan Pemain
Timnas Indonesia: Syahrul Trisna; Sani Rizki, Fachruddin, Dewangga, Edo Febriansyah; Evan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Ramai Rumakiek.
Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Timor Leste: Junildo Pereira; Filomeno Da Costa, Jaimito Antonio, Joao Panji, Orcelio Nobelito; Cristevao Fernandes, Dom Lucas, Jhon Frith, Mouzinho De Lima, Paulo Gali Freitas, Joao Da Costa
Pelatih: Fabio Magrao
(Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda