Memperingati HPSN 2021 : Aktivis Peduli Lingkungan Pandeglang Gelar Aksi Bersih Sampah - serberita

Tuesday

Memperingati HPSN 2021 : Aktivis Peduli Lingkungan Pandeglang Gelar Aksi Bersih Sampah



WI | PANDEGLANG - Aktivis peduli lingkungan Pandeglang , Selasa (9/2) menggelar aksi Bhakti sosial bersama di  Pantai Pagedongan , Kecamatan  Carita Kabupaten Pandeglang .

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional, yang di peringati setiap tanggal 21 Februari.

Kegiatan yang digagas oleh Komunitas  Lingkungan Kulon Bestari  dan  anggota Pramuka SMA 15 Pandeglang, merupakn bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Ketua Umum Komunitas Kulon  Bestari, Susilo mengatakan  bahwa  aksi bersih - bersih sampah di Pantai  Pagedongan, Kecamatan Carita , Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melakukan  clean up, sosialisasi , champaign seputar sampah . 

"Sampah  sangat vital perannya,  terutama bagi lingkungan. Ini bisa penyebab terjadinya  bencana lingkungan. Terutama bencana banjir yang akhir akhir ini marak di berbagai daerah " tegas Susilo.

Tambah dia, total  sampah yang berhasil dikumpulkan pada aksi bersih bersih pantai  lebih dari 15 kg. Diantarnya : 4 kg sampah organik dan 11kg sampah non organik . 

Sampah  tersebut naantinya akan di buang ke tempat pembuangan akhir (TPA) 

Saampah plastik,  botol bekas dan sejenisnya  yang paling banyak.

Selain berhasil mengumpulkan sampah, relawan juga dalam aksi ini melakukan beberapa aksi yaitu : sosialisasi dan mengajak masyarakat agar sadar tidak membuang sampah sembarangan terutama ke daerah sekitar pesisir pantai karena ini dapat memicu kerusakan juga keindahan lingkungan sekitar pesisir pantai.

" Kami mengajak masyarakat terutama anak muda untuk sadar bahaya  sampah terhadap ekosistem laut.  Dengan cara  tidak membuang sampah sembarangan,  selain merusak ekosistem laut sampah juga merusak keindahan pantai" ujarnya 

Selain itu, Fikri sebagai perwakilan dari anggota Pramuka SMA 15, mengatakan   " Kami sangat risih dengan sampah ada dimna-mana dan itu akan  menjadi sarang penyakit. Kami mendukung kegiatan ini karena sampah aknnmenjadi air permasalahan.
(zuy)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda