Dandim 0619/Purwkarta Bersama Forkopimda Melaksanakan Upacara Peringatan HSN 2023 - serberita

Sunday

Dandim 0619/Purwkarta Bersama Forkopimda Melaksanakan Upacara Peringatan HSN 2023



PURWAKARTA | SERBERITA.COM
- Komandan Kodim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S.Sos, M.Si, bersama Pj. Bupati Purwakarta Drs. Benni Irwan,M.SI, M.A, dan AKBP Edward Zulkarnaen Kapolres Purwakarta bersama unsur Forkopimda melaksanakan pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 tingkat Kabupaten di Taman Pasanggrahan Pemda Purwakarta, bertemakan "Jihad Santri Jayakan Negeri". Minggu 22 Oktober 2023.

Disampaikan Pj. Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Eksistensi dan peran santri dalam gerak langkah pembangunan bangsa ini sungguh sangat besar. Santri tidak terbatas pada pembangunan keilmuan dan keagamaan semata, karenanya santri di Kota Purwakarta adalah Garda terdepan dalam seluruh sektor pembangunan yang hasilnya dapat kita rasakan saat ini.

Peringatan Hari santri Nasional tahun 2023 mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

"Kata jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri," paparnya.

Hari ini, sambung ia, kita akan merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa, sebagai santri kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari yang dimuliakan Allah SWT.

"Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan toleransi dan persaudaraan, dan tentunya kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia," jelasnya

Peringatan Hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua mirip semua komponen bangsa yang mencintai tanah air milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Hal senada di sampaikan, Letkol Arm andi Achmad Afandi, bahwa hari santri adalah momentum yang tepat untuk membersihkan peran kita dalam menggayakan negeri ini, sebagai generasi penerus harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

"Mari kita remukan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari, perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, dan kemiskinan,"

Mari bersama-sama kita bisa membiayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan di tengah dinamika global yang terus berubah.

"Santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat, mari kita bersatu terus berjuang dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini," pungkasnya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda