Wah, Gawat. Lima Warga Baduy Digigit Ular Berbisa Dalam Dua Bulan - serberita

Tuesday

Wah, Gawat. Lima Warga Baduy Digigit Ular Berbisa Dalam Dua Bulan


Poto ilustrasi net
SERBERITA.COM| LEBAK -
Ular berbisa sejenis ular tanah menggigit warga Baduy dikecamatan Leuwidamar, Lebak Banten. Jumlah warga yang digigit ular sebanyak lima orang tersebut dalam waktu dua bulan.

Kepala TU Puskesmas Bojongmanik Sukirno menjelaskan mereka tergigit dibagian tangan atau kaki. "Warga Baduy satu orang itu tergigitnya pada akhir Bulan Juli yang lalu, terus yang di Bulan Agustus ini ada empat orang. Iya jadi jumlahnya lima orang." Menurut Sukirno kepada awak media, selasa (9/8/2022).

Menurut Sukirno, dua bulan terakhir ular yang berbisa memang banyak ditemui warga diladang. Dan warga pun meminta lebih berhati-hati.

"Kadang-kadang hujan, terus panas terus hujan lagi, ya jadi pemicu ular keluar dari sarangnya. Dan kayak seperti itu tidak disangka. Ternyata (ular) ada diladang atau pun dekat rumah," tuturnya.

Saat ini. lima orang yang tergigit ular yang berbisa telah ditangani pihak Puskesmas, dan pasien dikasih anti bisa ular.

"Kalau sesuai dengan prosedur diberikan anti bisa ular itu atau ABU disini di kenalnya. Yang namanya digigit ular pastinya luka, tapi Alhamdulilah lukanya tidak begitu parah, yang parahnya bisa ularnya. Hampir sehari dirawat, dan setelah itu boleh pulang," tuturnya.
(End/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda