Khidmatnya Muhasabah di Rutan Serang - serberita

Saturday

Khidmatnya Muhasabah di Rutan Serang


Kegiatan Pesantren Ramadan, di Rutan Serang. (Poto dokumen redaksi)
SERBERITA.COM| SERANG - Ratusan warga binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Serang, mengikuti pesantren dibulan Ramadan dan kegiatan tersebut dilaksanakan di Rutan Serang.

Kegiatan pesantren  sebagai bentuk renungan atau muhasabah diri,  sekaligus mendekatan diri, dengan ajaran agama.

Warga binaan  terlihat begitu   khidmat, mengikuti kegiatan keagamaan tersebut.

Kepala Rutan Kelas IIB Serang Dody Naksabani,  mengatakan kegiatan pesantren Ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan selama dibulan puasa penuh.

"Seluruh WBP Setiap perwakilan kamar mengikuti adanya kegiatan ini, jadi selama di bulan Ramadhan dan mereka mengikuti kegiatan pesantren ini," ujarnya pada Rabu (6/4/2022). 

Menurut dia, kegiatan itu dilakukan sebagai pengingat dirinya dan kembali ikut mengajarkan Hal-hal tentang keagamaan dimomen dibulan yang penuh berkah ini, dan sehingga para WBP bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Jadi pesantren Ramadhan ini ada ceramah, tadarusan, dengan belajar mengaji dan kegiatan tentang keagamaan lainnya," ujarnya.

Bahkan bagi WBP yang belum mengenal huruf hijaiyah juga diajarkan selama dibulan Ramadhan Hal itu juga dengan sekaligus memberantas buta huruf hijaiyah didalam Rutan Serang." Iya, juga mereka langsung diajarkan Oleh pengajarnya pun ada dari WBP disini. Namun memang ada juga dari luar,"Ujarnya.

Melihat dari antusiasme para WBP, tutur dia, mereka dengan tampak khusyuk dan Benar-benar menyesali perbuatan yang telah mereka dilakukan pada masa lalu." Sangat antusias dan memang dimomennya ini pas. Benar-benar ingin bertobat, Alhamdulilah," ujarnya.

Dan selain itu seusai melaksanakan salat Tarawih Pihak Rutan Serang memilih lima WBP dengan kasus landai dan masa tahanan yang sudah hampir selesai dan kelimanya diminta untuk mengisi waktu melakukan tadarusan hingga pukul 22:00Wib

."Mereka tadarusan. Jadi setelah salat Tarawih selesai lima orang itu melakukan tadarusan," Ujarnya.

Meski pun demikian pihak Rutan Serang berani melaksanakan Pesantren Ramadhan, ucap dia. Karena seluruh WBP yang mencapai 500. "Alhamdulilah semua sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, kedua dan terakhir itu booster juga sudah, serta protokes tetap diutamakan,"Ucapnya.

Sementara itu Staf Pelayanan Tahanan Bagian Pembinaan pada Rutan Kelas IIB Serang Syukrie Patria menuturkan kegiatan Pesantren Ramadhan dilakukan secara rutin selama tiga pekan atau hingga akhir dibulan Ramadhan

." Dari awal sampai akhir Ramadhan sebagian pengajar dan penceramahnya juga ada dari sini (Rutan Serang) dan luar,"Tuturnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda