Jasa Tirta II Berbagi, Maju dan Tumbuh Bersama - serberita

Tuesday

Jasa Tirta II Berbagi, Maju dan Tumbuh Bersama


SERBERITA.COM || PURWAKARTA – Jasa Tirta II menyalurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui berbagai bantuan untuk masyarakat pada acara Jasa Tirta II Berbagi, Maju dan Tumbuh Bersama dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2022. 

Program TJSL diberikan melalui berbagai bantuan dan bazar Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kantor Pusat Jasa Tirta II, Jatiluhur Purwakarta pada 31 Maret 2022. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana mewakili Bupati Purwakarta serta didampingi oleh Direksi Jasa Tirta II dan muspida setempat. 

Bantuan pengolahan eceng gondok dan pisang diberikan kepada masyarkat sekitar Waduk Jatiluhur. Hal ini untuk mengurangi pertumbuhan eceng gondok sebagai gulma di waduk dan menciptakan nilai tambah pada gulma tersebut dengan mengkreasikan dalam bentuk kerajinan.  

Jasa Tirta II juga memberikan bantuan 150 bibit pohon untuk kegiatan konservasi di Kecamatan Sukasari untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengembalikan fungsi air tanah agar dapat digunakan secara berkesinambungan. Hal ini sejalan dengan tema Hari Air Sedunia Tahun 2022 “Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan”. 

Bantuan sosial lain yang diberikan adalah bantuan perbaikan rumah tinggal layak huni (rutilahu) di Kelurahan Munjul dan Desa Ciririp Purwakarta, pembangunan sarana MCK di Kecamatan Jatiluhur, elektrifikasi di Desa Tegalwaru, pembangunan sarana air bersih di Baleendah.


Tak hanya itu, bantuan juga diberikan melalui pembangunan Majelis Ta’lim dan Ruang Kelas Baru di Purwakarta di Purwakarta dan Karawang, penanggulangan penyebaran virus Covid-19, pembangunan bank sampah dan penanaman pohon di Mandalika berkolaborasi dengan BUMN. 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan, Jasa Tirta II berkolaborasi dengan Bank Syariah Indonesia berupa pemberian beasiswa kepada 15 (lima belas) anak Karyawan dan tenaga Outsourcing Jasa Tirta II yang berprestasi dengan kriteria peringkat 1 sampai dengan 5 masing-masing sebesar Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) berbentuk tabungan Bank Syariah Indonesia total Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan program TJSL Jasa Tirta II, kegiatan yang sangat diperlukan dan ditunggu masyarakat khususnya di lingkungan Waduk Jatiluhur untuk meningkatkan Pembangunan Ekonomi, Sosial, Lingkungan. 

Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso menyampaikan program TJSL Jasa Tirta II ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan, memberikan manfaat ekonomi, serta mengajak masyarakat sekitar untuk melestarikan lingkungan dan menata tata kelola limbah di sini secara bersama-sama. 

“Marilah kita menjaga lingkungan menjadi lestari sehingga dapat berguna bagi kita semua,”ucap Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso. 

Pada acara Program TJSL Jasa Tirta II juga dilengkapi bazar yang diisi oleh Usaha Mikro Kecil (UMK) mitra binaan Jasa Tirta II dari kelompok makanan ringan khas Purwakarta, kelompok teh herbal, dan kelompok Sate Maranggi Rina. Pengunjung memiliki antusias yang tinggi dan membeli produk UMK yang dibazarkan. 

Kelompok teh hijau Aster (Asli Teh Racikan) yang diproduksi oleh Yayah Walimatus Sadiah ini dihasilkan dari pucuk teh terbaik yang usianya 10 hari yang mengandung antioksidan tinggi. Teh ini diproduksi di Desa Pasirmulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

“Kami bersyukur dengan adanya bazar ini membantu kami untuk memperluas jaringan dan pasar,”ucap Yayah. Pada bazar ini ia mendapatkan tambahan omset 1 juta rupiah. 

Nina Yuliani Mardiah, UMK mitra binaan Jasa Tirta II yang memproduksi bakery. Ia mejadi mitra binaan sejak Tahun 2020, dengan penjualan online dan offline. 

 “Kami berharap Jasa Tirta II sering mengadakan acara bazar untuk mitra binaan, karena dengan cara ini kami sangat terbantu untuk promosi, biar lebih dikenal lagi produknya, hari ini saya lumayan laku keras,”ucap Nina.

Dengan adanya Bazar UMK Binaan, para pelaku UMK berterima kasih kepada Jasa Tirta II karena telah membantu memperkenalkan produk UMK binaan, memperluas pemasaran, dan meningkatkan penjualan yang berkelanjutan. (Ser02) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda