KSJ Jawa Timur Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru Mulai Salurkan Bantuan - serberita

Sunday

KSJ Jawa Timur Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru Mulai Salurkan Bantuan


KSJ. Provinsi Jawa Timur, mulai menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru Lumajang.
(Poto: KSJ Jawa Timur)

SERBERITA.COM | JAWA TIMUR - Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Provinsi Jawa Timur, mulai Jumat, 10 Desember 2021, menyalurkan bantuan di
Posko Peduli Kemanusiaan korban erupsi Gunung Simeru, Lumajang Jawa Timur.

Bantuan yang dikelola oleh relawan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Provinsi Jawa Timur bersama Pengurus Pusat KSJ di Jalan Raya Candi Puro Dusun Krajan Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candi Puro Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur, mulai penyalurankan bantuan berupa makanan.

"Bantuan yang disalurkan yakni bantuan pangan, sembako dan obat obatan "ujar Zulkhair kepada wartawan.

Kegiatan pertama tahap pertama, relawan KSJ Jatim Binaan AKBP Ikhwan SH MH ini, mengunjungi pengungsi korban erupsi simeru ditempat tinggal terpadu Desa Banjar Waru Lumajang, "Disini ada sekitar 50 paket sembako berupa mie instan, beras, air mineral, tea, gula dan lainnya yang kita salurkan " tambah Zulkhair.

Selain itu pula relawan KSJ menyalurkan bantuan serupa ke Desa Barat Kecamatan Padang, dipengungsian tersebut terdapat ibu hamil dan warga yang membutuhkan bantuan obat -obatan.

Tim relawan KSJ Jatim juga mengumpulkan data dan titik pengungsi  misalnya di Kecamatan Pronojiwo  posko SDN Supiturang 04 sebanyak 80 orang, Gedung Serbaguna Dusun Supiturang, SDN Oro Oro Ombo 03 sebanyak 20 orang, SDN Oro Oro Ombo 02 sebanyak 20 orang, Gedung Serbaguna Pemukiman Dsn.

Kampung Renteng Desa  Oro Ombo sebanyak 20 orang, Balai Desa Oro Oro Ombo  sebanyak 20 orang, Balai Desa Sumberurip,  sebanyak 25 orang, SDN Sumberurip 02 sebanyak 25 orang, Kampung Renteng dan Dusun  Sumberbulus.

 Desa  Oro Oro Ombo sebanyak 275 orang dan Gedung Serbaguna Sriti  sebanyak 40 orang
Untuk Kecamatan Candipuro  di Balai Desa Penanggal ada 246 orang, Balai Desa Sumbermujur ada 700 orang ,SDN Sumberwuluh 03 ada  34 orang, Gedung Serbaguna Ulul Albab ditampung 284 orang, Kantor Camat Candipuro ada 225 orang, Gedung Guru Candipuro ada 198 orang, Desa Kloposawit  7 orang, Balai Desa Candipuro  347 orang, Balai Desa Jarit  200 orang , Gedung Sabilul Huda Sb.wuluh terdata 90 orang.

Belum lagi di Kecamatan Pasirian ada 4 titik posko, seperti Balai Desa Condro ada 347 orang, Desa Pasirian ditampung 619 orang, lalu di RSUD Pasirian ada 17 orang
Sedangkan di Kecamatan Lumajang Desa Banjarwaru di rumah  Sumarsono  : 11 orang, Desa Labruk Lor ada 5 orang, Desa Boreng, Rumah Bpk Zainul Asroji RT 01 RW 05 ditampung 16 orang, Desa Blukon, rumah Suniyah mengungsi 3 orang, di Kelurahan Jogoyudan ada 7 orang, Kelurahan Citrodiwangsan  ditampung 79 orang, Kelurahan Tompokersan ada 102 orang, Kelurahan Jogotrunan  ada 35 orang , Kelurahan Rogotrunan  ada 11 orang lalu di Desa Denok  ditampung 2 orang oleh keluarga "terang Relawan KSJ Jatim ini.

Data di Kecamatan Tempeh ditempatkan di Balai Desa Tempeh Kidul  sebanyak 65 orang , Desa Pulo ada 22 orang.Desa Lempeni  108 orang, Desa Tempeh Lor ada 20 orang, Desa Gesang sejumlah 30 orang, Desa Sumberjati : 85 orang , Desa Tempeh Tengah ada 97 orang, Desa Pandanarum :43 orang, Desa Besuk  67 orang, Desa Pandanwangi 3 orang 
Serta Desa Jatisari ada 14 orang 
Untuk Kecamatan Sukodono di Desa Dawuhan Lor ditampung 45 orang, Desa Uranggantung 21 orang, Desa Kebonagung  6 orang, Desa Selokbesuki  40 orang, Desa Klanting  33 orang,  "ada sekitar 15 kecamatan lainnya yang terdampak lainnya "tutup Zulkhair.

Ketua Umum KSJ Saharuddin merencanakan akan bertolak ke lumajang Minggu 19/12 bersama tim untuk penyaluran bantuan tahap kedua.

"Upaya KSJ Pusat untuk menggalang dan menyalurkan bantuan pangan pasca erupsi semeru ini akan kita lakukan sampai akhir Desember 2021"tegasnya 

Gerakan amal sosial ini didasari empati dan  kemanusiaan. "KSJ akan membuka posko dan dapur umum sesuai kemampuan kita membantu saudara saudara kita yang ditimpa musibah "ujar aktivis penggiat sosial ini.

Tentunya,  kami sangat berterima kasih atas kerja keras para relawan KSJ Jawa Timur dan keikhlasan para donatur yang telah menitipkan amanahnya guna kegiatan kemanusiaan ini, kata   Saharuddin. (TM Ksj/RH/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda