Luar Biasa Manfaat Daun Babadotan - serberita

Sunday

Luar Biasa Manfaat Daun Babadotan



SERBERITA.COM - Saat usia enam tahun sampai jelang remaja, sering melakukan aksi pengobatan apa adanya.  Kalau luka, cukup mencari daun babadotan. Daun babadotan dipetik dua, tiga lembar, lalu ditumbuk sampai lembut atau dikunyah.

Setelah lembut, tempelkan pada yang luka, darah yang mengalir dari luka langsung berhenti.

Dan luka, esoknya kering kemudian  sembuh. Saat itu, tidak berfikiro banyak dari manfaat daun babadotan.

Ternyata setelah banyak membaca artikel, salah satunya artikel Warista Asri. Manfaat dari daun babadotan, banyak sekali.

Itu, ungkaon Kossih (54) Warga di Sindangkasih, Purwakarta, Minggu, 7 Nopember 2021, saat ngobrol mengenang masa kecil di tahun 1970 han.
Kalau luka, sat itu, cukup mencari daun babadotan tidak sulit. Disemak belukar, ada daun babadotan. Saat itu, obat luka belum begitu banyak diantaranya yang ada obat merah dan bethadin.

Keampuhan daun babadotan, tidak diragukan lagi untuk mengobati banyak keluar  darah dan luka langsung kering kemudian lobang yang luka kembali rapat.

Daun Babadotan umumnya tumbuh di dekat tempat tinggal, tumbuh subur di taman dan tanah pertanian apa pun dan sangat umum di lokasi yang terganggu dan area yang terdegradasi. Biasa diketahui sebagai gulma invasif, tapi tahukah ada juga manfaat daun babadotan?

Bagian dari babadotan yang kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional adalah daun, tetapi beberapa pengobatan menggunakan bunga dan akar.

Miliki nama latin Chromolaena Odorata, babadotan ini mudah dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Plant for A Future, manfaat daun babatodan bisa digunakan mengobati pendarahan, sakit kepala hingga asam urat.



Lalu apa saja manfaat daun babadotan.

1. Atasi Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular
African Health Science mengungkap manfaat daun babadotan memiliki kandungan mineral khusus magnesium, kalium, dan seng serta senyawa aktif khususnya alkaloid, dan cardenolide yang mampu mengatasi komplikasi hipertensi, gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

2. Turunkan Kadar Gula
Ekstrak air daun babadotan telah diuji aman dna ampuh untuk pasien diabetes. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan terhadap hewan diabetes yang diberikan ekstrak air babadotan. Hewan tersebut mengalami penurunan kadar gula darah setelah diberikan ekstrak.

3. Atasi Infeksi dalam Tubuh
Manfaat minyak esensial dari daun babadotan dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus serta menurunkan produksi aflatoksin atau racun pada jamur yang dapat menimbulkan infeksi dalam tubuh.

Manfaat daun babadotan mampu mengatasi pertumbuhan jamur dalam tubuh dan mengobati berbagai infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti infeksi tenggorokan, infeksi pada usus, dan infeksi pada kandung kemih.

4. Mengandung Antioksidan
Manfaat daun babadotan juga teruji memiliki aktivitas antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas untuk merusak sel dalam tubuh, mampu mencegah penuaan dini, dan mampu mengatasi masalah pada kulit menurut Journal of the Science of Food and Agriculture.

5. Mengatasi Penyakit Malaria
Manfaat daun babadotan berbentuk ekstrak juga mampu melawan parasit plasmodium falciparum yang dapat menyebabkan penyakit malaria yang dapat mematikan yaitu malaria tropika.

6. Mengobati Luka Luar pada Kulit
Ekstrak methanol dari daun babadotan telah diuji dapat menyembuhkan luka pada kulit tikus selama 10 hari penelitian. Beberapa Negara seperti Brazil, daun babadotan telah digunakan sebagai pengobatan luka luar pada kulit.

7. Cegah Anemia
Untuk mencegah anemia, ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus yang diberikan ekstrak daun babadotan untuk menguji pengaruh obat terhadap darah. Nigerian Journal of Physiological Sciences mengungkap hasil menunjukkan ekstrak daun ini memberikan peningkatan yang signifikan terhadap limfosit. Ini membuktikan bahwa ekstrak daun babadotan dapat mengobati penyakit anemia.

8. Hambat Pertumbuhan Kanker dan Tumor
Senyawa aktif pada daun babadotan seperti flavonois, triterpenoid, dan alkaloid telah teruji mampu menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada tubuh. Hal ini juga disebabkan oleh sifat antioksidan yang kuat dalam daun babadotan dan mampu menghambat kerusakan dari sel dalam tubuh.

9. Hambat Kerusakan Hati
Manfaat daun babadotan selanjutnya adalah efektif menghambat kerusakan hati akibat alkohol. Ekstrak daun babadotan telah diuji pada tikus yang mengalami keracunan alkohol untuk mengetahui tingkat efektivitas dalam menghambat kerusakan hati akibat alkohol. Hasil menunjukkan bahwa adanya penurunan enzim hati dan stress oksidatif yang disebabkan oleh alkohol sehingga menghambat terjadinya kerusakan hati.

10. Cegah Gangguan Pencernaan
Ekstrak daun babadotan yang dilarutkan dalam air dan diberikan pada tikus telah dibuktikan mampu meregangkan otot halus dan menghambat gangguan pada pencernaan.

Selain itu, Daun dan akar babadotan juga telah banyak digunakan untuk mengatasi diare dan nyeri pada perut di Afrika. Di India, daun babadotan telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi disentri juga perut kembung.

11. Atasi Sakit Gigi dan Demam
Ekstrak daun dan bunga dari babadotan telah diuji dan digunakan sebagai pengobatan tradisional di Kamerun untuk mengatasi sakit gigi.

Selain itu, ekstrak daun dan akar babadotan telah digunakan di berbagai negara seperti India, Brazil, Vietnam, dan Afrika untuk menurunkan demam.

12. Mengobati Gangguan Penglihatan dan Infeksi Mata


Manfaat daun babadotan berupa ekstrak telah digunakan di Tanzania sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi pada mata dan gangguan penglihatan.

13. Mengatasi Masalah Reproduksi
Ekstrak daun babadotan telah digunakan dan diuji di India untuk mengatasi masalah prostat pada pria serta gangguan menstruasi dan kandungan pada wanita.

14. Obati Penyakit Skistosomiasis
Berdasarkan penelitian dari Molecules Natural Products Chemistry. Mengungkapn manfaat daun babadotan yang dijadikan minyak esensial mampu menurunkan aktivitas dan membunuh cacing Skistosoma yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh yang disebut penyakit skitosomiasis atau yang sering disebut dengan penyakit demam siput.

Itu dia beragam manfaat daun babadotan yang biasanya hanya terkenal sebagai gulma pada tanaman. Ternyata, banyak juga ya Moms manfaat daun babadotan untuk kesehatan. Kalau melihatnya, jangan langsung dibuang ya!

(Artikel Warista Asri)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda