Kondisi Bangunan SD di Karawang Sekitar 60-70 Persen Rusak - serberita

Tuesday

Kondisi Bangunan SD di Karawang Sekitar 60-70 Persen Rusak

Atap ruang kelas SDN 1 Medangasem di Kecamatan Jayakerta yang ambruk beberapa waktu lalu. (Foto: Ist.)

wartaindustri.id | KARAWANG -
Kondisi sekolah dasar (SD) di Kabupaten Karawang sekitar 60-70 persen rusak berat dan ringan. Dalam tahun ini saja ada dua bangunan SD yang ambruk, masih untung tidak memakan korban jiwa.

 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karawang, yang disampaikan oleh Kasie Kurikulum, Mulya Surya, Selasa (20/4/2021), bahwa  jumlah SD di Kabupaten Karawang sebanyak 931 sekolah.

 

Jumlah itu tersebar di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang . Jumlah SD terbanyak ada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Klari 49 sekolah dan Kecamatan Karawang Barat 48 sekolah. Dan SD dengan jumlah terkecil di Kecamtan Ciampel, ada 17  sekolah.

 

Dikataknnya, bahwa Kepala Dinas sekarang ini sedang memvalidasi DTA sekolah yang rusak. Sedangkan sumber dana untuk sekolah ada di tiga mata sumber anggaran. Yakni dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantun Provinsi (Banprov) dan APBD Kabupaten Karawang, serta CSR dari perusahaan.

 

Mulya tidak mengetahui berapa anggaran pembangunan sekolah setiap tahunnya, karena  kewenangannya ada di Bagian Sarana dan Prasarana (Sapras). Begitu juga jumlah sekolah yang rusak.

 

Hasil reportase wartaindustri.id, di sejumlah kecamatan mayoritas bangunannya rusak . Selain bangunannya yang sudah tua juga halaman sekolah belum diimplasemen, atau ada pagar sekolah.

 

Berbeda dengan kondisi sekolah di Kabupaten Karawang, justru infrastruktur lainnya seperti jalan, jembatan, atau parit irigasi kerap mendapat perhatian pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif.

 

Pemerhati Pendidikan Kabupaten Karawang, Dede Nayudi,  Selasa (20/4) merasa miris dengan kondisi i bangunan SD di Karawang  banyak yang rusak.

 

“Saya heran, kenapa infrastruktur sekolah tidak masuk dalam pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Karawang, ya?” katanya. (Warin 02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda