Banprov Jabar Desa Perbatasan Rp130 Juta per Desa Ada untuk Bamusdes - serberita

Thursday

Banprov Jabar Desa Perbatasan Rp130 Juta per Desa Ada untuk Bamusdes

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. (Foto: Net)

wartaindustri.id | BOGOR –
Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan Bantuan Keuangan Provinsi (Banprov)  Jabar untuk 416 desa perbatasan sebesar Rp130 juta per desa, di Desa Singabangsa, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Kamis (29/4/2021).

 

Penyerahan Banprov tersebut dilakukan secara simbolis setelah meresmikan Tugu Kujang di desa perbatasan Provinsi Jabar dengan Banten.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono menuturkan, Pemda Provinsi Jabar mempunyai luas mencapai 3,7 juta hektare dengan jumlah penduduk hampir mendekati 50 juta jiwa.

 

Sebanyak 36,2 juta jiwa berada di 5.312 desa atau sekitar 71,77 persen ada di desa. Beberapa di antaranya berada di daerah perbatasan, baik berbatasan dengan Banten maupun dengan Jawa Tengah.

 

"Oleh karena itu Pemerintah Daerah Provinsi Jabar memberikan perhatian yang cukup besar terhadap desa-desa perbatasan. Salah satu di antaranya adalah dengan membangun tugu perbatasan, baik di perbatasan Jabar-Banten maupun Jabar-Jateng," kata Bambang.

 

Namun, Bambang menambahkan, bantuan keuangan khusus desa perbatasan tersebut berbeda dengan tahun 2020 yang lalu. Di antaranya peruntukannya, sekarang ada tambahan penghasilan buat Badan Permusyawaratan Desa (Bamusdes) dan pembuatan media publik luar ruang. (Hms Jbr/Warin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda