Awal Ramadan akan Ditentukan Sore Hari Ini - serberita

Monday

Awal Ramadan akan Ditentukan Sore Hari Ini


wartaindustri.id | BANDUNG –
Awal Ramadan 1442 H akan ditentukan hari ini, Senin (12/4/2021). Ada delapan titik pemantauan hilal di Jawa Barat, untuk menetapkan awal Ramadan tahun ini.


Pemantauan hilal bakal dilakukan mulai sore. Pihak Kemenag Jabar tengah melakukan persiapan, berkoordinasi dengan Badan Hisab dan Rukyat (BHR).


Delapan  titik rukyatul itu yakni di Yayasan Asha Ganas Binong, Pondok Bali (Subang), Pantai Gebang (Cirebon), Gunung Babakan (Banjar), Pantai Cipatujah (Tasikmalaya),


Kemudian Pantai Santolo (Garut), POB Cibeas Pelabuhan Ratu (Sukabumi), dan dua lokasi di Kabupaten Bandung Barat yaitu di Bosscha dan Imah Noong Lembang.


Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 86 titik rukyat atau pengamatan hilal awal Ramadan tahun ini. Loksi tersebar di sejumlah provinsi termasuk Jawa Barat.


Kasubag Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jabar Ohan Burhan menyampaikan,  sedang persiapan untuk menentukan awal Bulan Ramadhan.


Nantinya, pada hari yang sama hasil rukyat di Jawa Barat akan langsung dilaporkan kepada Menteri Agama Indonesia.


"Kanwil (Kemenag Jabar) nanti akan melihat hilal di Cirebon, yang lainnya yang dekat ke lokasi yang sudah ditentukan," katanya.


Selain dengan BHR Jabar, Kanwil Kemenag Jabar juga akan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi Agama, Ketua Mahkamah Syar'iyah Provinsi, ormas-ormas Islam, dan tokoh masyarakat lainnya.


Sebelumnya diketahui, Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H secara daring dan luring terbatas, 12 April 2021. Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).


Dihadiri pula Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.


Di samping itu, sejumlah ormas Islam, antara lain, NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada pula 29 Duta Besar negara sahabat yang diundang.


Sidang isbat dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.


Untuk pembagiannya akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung. Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup kemudian akan diumumkan kepada masyarakat. (Warin 02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda