Jelang Pilkades, Inkamben Bikin Peta Politik di Desa Mulai Hangat - serberita

Friday

Jelang Pilkades, Inkamben Bikin Peta Politik di Desa Mulai Hangat

Ketua Apdesi Purwakarta, Dasep Sopandi. (Foto: Dyt)

wartaindustri.id | PURWAKARTA --
Peta politik  akar rumput di tingkat Pemerintahan Desa di Kabupaten Purwakarta mulai menghangat, usai munculnya wacana bakal kembali manggungnya muka lama (inkamben) untuk kembali bersaing memperebutkan Krajan 1 di desa masing masing.

 

Menanggapi wacana tersebut Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Dasep Sopandi mengiyakannya.

 

"Yah, benar dari 170 pemerintahan desa yang bakal ikuti Pilkades Serentak pada 25 Agustus 2021 mendatang, banyak inkamben akan kembali turun gunung," terang kades senior di Kecamatan Bojong itu, di sela-sela acara vaksin massal para kades se-Kabupaten Purwakarta di Gedong Sigrong, Jumat (5/3).

 

Memang dari 170 pemdes, yang masa jabatannya habis, hanya beberapa Kades lama yang tak ikut nyades (nyalon kades), karena terbentur aturan. Selebihnya ikut nyades.

 

"Beberapa kades lama yang tak nyades kembali, lebih disebabkan karena sudah tiga kali menjabat," imbuh Dasep Sopandi, yang juga Kades Cikeris, Kecamatan Bojong.

 

Sebagai contoh Kades Cihanjawar, Kecamatam Bojong, E. Nurhayar; Kades Nangewer, Kecamatan Darangdan, Asep Sarip; dan Kades Babakan Cikao, Kecamatan Babakan Cikao.

"Ketiga kades lama ini, tak boleh ikut lagi nyades, karena sudah tiga kali menjabat," terang Dasep Sopandi.

 

Sementara itu masa cuti para mantan kades definitif, yang sesuai kesepakatan akan berlaku mulai 14 Juli 2021 bagi para mantan yang kembali nyades, tentu akan kembali pasang strategi untuk bersaing dengan lawan-lawanya.

"Kalau soal dinamika politik di desa sih itu urusan internal masing-masing, kita no comment," ujar Dasep Sopandi.

“Hanya saja kembali saya ingatkankan, agar semua warga yang di desanya akan melaksanakan pesta demokrasi, tetap mengindahkan protokol kesehatan (prokes) di desanya masing-masing," pungkas Dasep. (Dayat Iskandar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda