Fantastis! Hak Pilih Pilkades Bunder Capai 10 Ribu Jiwa - serberita

Monday

Fantastis! Hak Pilih Pilkades Bunder Capai 10 Ribu Jiwa


wartaindustri.id | PURWAKARTA – 
Fantastis memang. Hak pilih warga Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 25 Agustus 2021, menyentuh angka 10 ribu jiwa.

 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Desa (Sekdes) Bunder, Bayu Agus ST, Senin siang (1/2021) kepada wartawan media ini saat menerima kedatangan Camat Jatiluhur, Dedi Kusmayadi, di kantornya.

 

Diterangkan Bayu Agus, jumlah hak pilih sebanyak itu sesuai aturan akan memberikan hak suaranya pada 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang nanti akan disebar di seluruh pelosok desa.

 

"Yah, memang rekor dari sisi jumlah hak pilih di Desa Bunder. Untuk itu kita harus siapkan para petugas TPS yang benar-benar hapal sikon," terang Bayu Agus lebih lanjut.

 

Diungkapkannya untuk mempersiapkan hajat demokrasi paling populer di desanya itu, saat ini sudah masuk pada tahapan pembentukan panitia.

 

"Para Ketua RT di masing-masing  wilayah desa harus diberi porsi lebih, termasuk diberi ruang untuk dibolehkan jadi anggota TPS," ungkap Bayu Agus lebih jauh.

 

Ihwal kemungkinan nama nama Bakal Calon (Balon) Kades, baik Sekdes Bayu Agus maupun Ketua Dusun yang saat itu hadir, menolak untuk menyebutkan nama.

 

"Kalau nama-nama Balon Kades, mereka masih saling intip kekuatan dan belum berani memunculkan jati  dirinya," ungkap Kadus 3, yang tak menyebutkan jati dirinya.

 

“Pokoknya calon nanti hanya akan dibatasi lima orang," imbuh Kadus 3.

 

Sementara itu Camat Jatiluhur, Dedi Kusmayadi menyebut di wilayahnya ada enam desa dari 10 desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur yang bakal menyelenggarakan Pilkades. Dua di antaranya Desa Kembangkuning dan Desa Jatiluhur.

 

“Memang tak sempat ada Pj. Kades karena jabatan kades lama masih belum habis masa tugasnya, hingga jelang hari pemilihan baru habis,” terang Dedi Kusmayadi.

 

Untuk kelancaran semuanya dan mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka setiap giat tahapan Pilkades harus tetap indahkan prokes.

 

"Itu saja yang selalu saya tekankan saat monitoring tahapan Pilkades serentak di Jatiluhur," tutup Dedi Kusmayadi.

(Dayat Iskandar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda