Tebing Boyer Akan Menjadi Andalan Destinasi Wisata di Purwakarta - serberita

Friday

Tebing Boyer Akan Menjadi Andalan Destinasi Wisata di Purwakarta


Keterangan foto : Tebing Boyer tampak dari atas. (Foto: M. Asep)

IW | PURWAKARTA
Satu lagi lokasi yang tampaknya akan menjadi andalan destinasi wisata di Purwakarta. Di sana pengunjung tak sekadar berwisata melihat eksotisnya keindahan alam, tapi juga mengenal peninggalan sejarah di Kabupaten Purwakarta.

Ada sekelompok warga bersama Wakil Bupati Purwakarta, yang akrab disapa Pak Haji Aming, mulai memperkenalkannya ke dunia luar. 

Keterangan foto : Wakil Bupati Purwakarta, yang akrab disapa Pak Haji Aming

Namanya Tebing Boyer, terletak tak jauh dari Waduk Jatiluhur. Bahkan boleh dikatakan sebagai bagian dari pembangunan waduk yang membendung Sungai Citarum tersebut.

Tebing Boyer merupakan bangunan yang pernah digunakan dalam pembangunan Waduk Jatiluhur sebagai tempat penggilingan batu andesit yang didapatkan dari Gunung Cilalawi.

Sedangkan pembangunan Waduk Jatiluhur itu dimulai pada tahun 1957 dan diresmikan oleh Persiden RI saat itu, Presiden Soeharto pada tahun 1967. Sampai sekarang umur Waduk Jatiluhur sudah 63 tahun dan masih berfungsi sebagai mana mestinya.
masukkan script iklan disini
Sayangnya, tidak seperti halnya Waduk Jatiluhur yang terawat, bangunan yang sering disebut Boyer ini, malah luput dari pengawasan masyarakat atau pemerintah daerah.

Terjadinya perusakan pada Tebing Boyer bisa menyebabkan bangunan yang harusnya menjadi peninggalan sejarah akan hilang begitu saja. Sayangnya lagi, ada beberapa masyarakat yang merusak dan mengambil besi dari bangunan tersebut dengan cara menghancurkan bangunannya.

Sampai akhirnya ada sekelompok orang peduli dan bersepakat menetapkan misi untuk mengenalkan Tebing Boyer sebagai obyek wisata alam dan sejarah, agar dapat dirawat dan diperhatikan masyarakat dan instansi yang berwenang.

Tebing Boyer memiliki pemandangan yang eksotis. View dari atas tebing ini bisa menikmati keindahan Waduk Jatiluhur dari tempat ketinggian. Di samping keindahan alam di sekitarnya yang masih asri alami.

Untuk mendaki kawasan Tebing Boyer yang berada di ketinggian ini, disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Tracknya lumayan menantang, karena jalan masuk ke sana sudah nyaris tertutup rerumputan (karena terbengkalai), sehingga perlu kelincahan mengemudi sepeda motor.

Hal itu bisa menjadi tantangan tersendiri buat komunitas motor jenis matic yang mengunjungi kawasan wisata ini. (M. Asep)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda