UPT Puskesmas Cimanggu Bebenah Utamakan Pendekatan Akses Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Wilayah Kerjanya - serberita

Monday

UPT Puskesmas Cimanggu Bebenah Utamakan Pendekatan Akses Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Wilayah Kerjanya



PANDEGLANG | SERBERITA.COM - Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat di desa, sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) di wilayah kerja Kecamatan Cimanggu. 

Tim Aksi Keluarga Rawan (Tim SIKU RAWAN) melaksanakan kunjungan rumah kepada anak Balita "K" dari keluarga  miskin dan rawan gizi di Kampung, Darmayu Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu.

Secara rutin tim yang didalamnya Bidan Desa, Rifa Atul Hayati, S. Tr. Keb; Bdn., dan Ayu Hediati, A. Md. Keb.

Kepala UPT Puskesmas Cimanggu Iyat Supriatna, SST, M.Si disela waktunya melaksanakan tugas pelayanan kesehatan masyarakat saat diwawancarai awak nedia menjelaskan, bahwa salah satu upaya komitmen Puskesmas Cimanggu berupaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Cimanggu yang optimal dan mandiri.

"ini adalah salah satu pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat (PERKESMAS) yang terintegrasi melalui layanan Kunjungan Rumah ( Home Care) salah satunya kolaborasi penanganan Stunting,"ujar Iyat Supriatna, Selasa 13 Juni 2023.

Lanjut Ia, Sasaran utama pelayanan Perkesmas adalah individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan prioritas keluarga miskin rawan kesehatan baik terkait penyakit menular, ibu hamil resiko tinggi, bayi resiko tinggi, rawan gizi atau kasus penyakit tindak lanjut rumah sakit.

Iyat Supriatna berharap dengan upaya pelayanan Perkesmas berkesinambungan dan konsisten melalui pendekatan keluarga dengan pelayanan yang terintegrasi, baik lintas program dan lintas sektor.

"Hal ini diharapkan adanya peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan sehingga dapat dicapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal dan mandiri khususnya masyarakat kecamatan Cimanggu," tutupnya.
(Saripudin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda