Respon Cepat Kades Mekargalih Tangani Pemuda Didduga Depresi. - serberita

Sunday

Respon Cepat Kades Mekargalih Tangani Pemuda Didduga Depresi.


Heri Hermawan, bersam Kades Mekargalih. Muhamad Muhyi (Poto dokumen redaksi)
SERBERITA.COM | PURWAKARTA - Kepala Desa Mekar galih, Kecamatan Jatiluhur, Muhamad Muhyi merespon cepat informasi yang diterimanya perihal adanya seorang pemuda bernama Heri Hermawan (26) warga Kampung  Ciganea Rt 07/03 yang diduga alami depresi(gangguan jiwa).

Dibantu warga setempat kades yang sudah hampir empat  setengah tahun menakhodai desa yang berpenduduk lebih dari 4000 KK ini langsung datangi lokasi rumah orang tua Heri Hermawan, yang kala itu dikunci gembok. 

"Rumah kami sengaja dikunci gembok, pada ruang tengah, guna mengamankan Heri yang kerap kali mengamuk. "Ujar sang ibu dari Heri Hermawan yang namanya minta tidak ditulis 

Tak sekedar kerap mengamuk, Heri bahkan kerap mencabuti kabel listrik, dan menjebol tembok hingga rusakn Maka aksi memasang gembok dilakukan pihak keluarga agar kerusakan didalam rumah tak sampai meluas keruang lain bahkan aksi yang terakhir mencabuti kabel listrik dianggap dapat membahayakan keselamatan Herinya sendiri.

,"Keruan saja, dampak dari pengisolasian ruangan tengah,kami sekeluarga menjadi cemas, dan kami terpaksa tidur dikamar sempit, dengan pengamanan seadanya. "Imbuh sang Ibu menghiba kepada Kades Mekargalih 

M. Muhyi,  berusaha memasuki ruangan isolasi dimana Heri hermawan menyendiri. 

Dengan penuh kewibawaan, Kades M. Muhyi berhasil menemui Heri Hermawan dan berhasil menenangkanya. 
Sehingga dengan posisi nyaris tak berjarak, keduanya terlibat obrolan layaknya bapak dan anak.

"Kenapa atuh,  Cep Heri teh ngamuk terus. Kasihan ibu tuh, dari tadi nangis terus sapa" ujar M. Muhyi.

,"Anu Pak, tadi saya lihat, dikamar itu afa ular besar  yang hendak menyerang saya. " ujar Heri,dengan mimik wajah penuh kecemasan. 

,"Tuh kan bicaranya gak nyambung, makanya tolonglah pak tangani anak kami. "pinta ibu Heri. 

Mendapati pakta terkini seputar psykologis Heri Hermawan,  yang mengalami depresi. Kepada wartawan media ini, Kades menyebut akan melakukan koordinasi dengan Dinas sosial Pemkab Purwakarta guna penanganan,dan dan upaya rehabilitasi Heri. 

,"Kita akan upayakan Heri untuk diobati ke psykiater, yang ahli dibidangnya, dan rencananya saya akan bawa Heri kepanti rehabilitasi mental di Bandung"pungkas Kades.

Masih menurut Kades, kejadian depresinya Heri, sebenarnya bukan baru pertama terjadi di keluarga ini, sebelumnya tiga keluarganya yang lain,juga alami hal yang sama(depresi).

,"Saya sudah tiga kali, tangani keluarga ini, ini mungkin yang keempat kalinya sebelumnya, bahkan ibunda Heri yang alami hal seripa dengannya. "Tandas Heri Hermawan. 

Menyikapi terjadinya, fsnomena gangguan jiwa dalam satu keluarga, seorang Ustad yang piawai dalam ilmu hikmah di Purwakarta menyebut, hal itu disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah lemahnya keimanan dari nilai nilai agama yang bisa jadi menjadi lenuebab utamanya. 

"Lemahnya iman, ini yang dimungkinkan menjadi celah masuknya,pengaruh pengaruh negatif dalam jiwa seseorang. "Ujar Ustad salah satu pentolan di Ponpes Al Islam Purwakarta yang namanya tak ingin disebutkan. 

Namun demikian kata dia,  butuh diagnosa khusus,guna memastikan formula pengobatan yang jelimet terkait kasus yang menimpa Heri Hermawan. (dyt)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda