Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya Lounching Kampung Kerukunan, Potret Kebhinekaan Nusantara - serberita

Friday

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya Lounching Kampung Kerukunan, Potret Kebhinekaan Nusantara


Launching potret kerukunan umat beragama di Kabupaten Ciamis
SERBERITA.COM | CIAMIS - 
Potret kerukunan antar umat beragama tercermin dari 4 jenis rumah peribadatan yang terletak di Jalan Pemuda Kabupaten Ciamis. Keempat tempat ibadah ini lokasinya saling berdekatan. Namun, hal tersebut tak membatasi jalinan kerja sama maupun kerukunan dari keempatnya.

Kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri atas puluhan etnis, budaya, suku, dan agama. Membutuhkan konsep yang memungkinkan terciptanya masyarakat damai dan rukun.

Dipungkiri atau tidak, disparitas sangat beresiko pada kesamaan konflik. Terutama dipacu oleh pihak-pihak yang menginginkan kekacauan di masyarakat.

Perbedaan atau kebhinekaan Nusantara tidaklah diciptakan dalam satu waktu saja. Proses perjalanan manusia di muka bumi Indonesia dengan wilayah yang luas menciptakan keberagaman suku dan etnis manusia. 

Maka lahir pula sekian puluh kepercayaan dan agama yang berkembang di setiap suku-suku di Indonesia.

Potret kerukunan umat beragama di Kabupaten Ciamis, Bupati H Herdiat Sunarya hadir meresmikan kampung kerukunan yang terletak di jalan pemuda, kampung Lebak Kecam Ciamis, kabupaten Ciamis Jawa Barat, yang tepatnya ke arah timur dari Alun-alun kota Ciamis, Kamis (21/2/2022).

Disana terdapat 4 jenis Rumah Ibadah, yang semuanya terlihat sangat berbeda namun saling berdampingan, satu sama lainnya yaitu Mesjid Al – Mujahidin, Gereja Katolik Santo Yohanes, Klenteng Hok Tek Bio, dan juga Litang Khong Hu cu.

Tampak Masyarakat di kampung tersebut saling menghargai dan saling menghormati, walau pun berbeda keyakinan, disitulah terciptanya kedamaian dari kerukunan umat beragama.(SH/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda