Buka Dimana Puasa Hari Ini Lima Menu Pas untuk Buka Puasa. - serberita

Wednesday

Buka Dimana Puasa Hari Ini Lima Menu Pas untuk Buka Puasa.


Makanan khas Purwakarta, sate Maranggi bisa jadi teman buka puasa.
SERBERITA.COM | PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta, wilayahnya diapit oleh dua kota besar. Bandung dan Jakarta, maka tidak asing bila banyk yang berdatangan ke Purwakarta, karena menjadi kota lintasan.

Tak terkecuali, daat bulan Ramadan, banyak pilihan menu berbuka puasa yang menjadi ciri khas atau menu favorit di Purwakarta

Maknan kahs menjadi menu berbuka puasa di Kabupaten Purwakarta, akan mengasikan.

Sedikitnya ada lima macam menu berbuka puasa favorit di Kabupaten Purwakarta. serberita.com, akan menyajikan.

1.Sate Maranggi
Sate Maranggi merupakan makanan khas asli Purwakarta yang tentunya merupakan menu andalan saat berbuka puasa.

Rasa sate tidak sama, namun cita rasanya yang nikmat dengan tekstur daging sapi yang empuk adalah teman yang pas bagi lidah saat pertama kali berbuka puasa.

Bagi orang Purwakarta sendiri tidak sulit untuk mendapatkan menu hidangan ini saat menjelang berbuka puasa karena banyak pedagang Sate Maranggi tersebar di sebagian besar ada di Byngursri, Purwakart dan Plered juga Wanayasa

2. Kolang kaling
Nikmatnya Sate maranggi akan lebih ajib apabila ditemani sajian kolang kaling. Kolang kaling bisa disajikan bersama es buah maupun kolak. Camilan kenyal berbentuk lonjong, berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan menjadi menu favorit karena beberapa desa di kecamatan di Purwakarta terkenal sebagai penghasil kolang kaling dengan kualitas super.

Contohnya di Desa Cibuntu, Nanggerang, Simpang di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

3. Timun Suri
Timun suri yang rasanya manis dan segar, bertekstur penuh serat, dan aromanya yang kuat bisa sangat sesuai untuk hidangan berbuka saat bulan puasa.

Biasanya timun suri dijadikan pelengkap dalam menu minuman es. Timun suri terbukti memiliki banyak vitamin A dan C, mampu mempelancar proses pencernaan dan mengendalikan kadar gula darah.

Untuk mendapatkan timun, ada di dua Kecamatan di Purwakarata -- Kecamatan Pesawahan dan Cibatu -- adalah penghasil timun suri.


4. Blewah
Sekilas bentuk buah yang satu ini mirip dengan melon dan labu. Namun blewah memiliki tekstur kulit lebih tipis dengan kadar gula yang rendah.

Blewah biasanya diserut memanjang dan tipis sebelum dijadikan bahan pendamping minuman es. Selama Ramadan, banyak pedagang blewah di Purwakarta. Hal ini lantaran Purwakarta merupakan salah satu kabupaten penghasil blewah.

5. Kelapa Muda
Mungkin di penjuru Indonesia, apalagi sebagai negara tropis, kelapa memang telah menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Kesegaran air kelapa dan kekenyalan dagingnya sangat pas sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Es kelapa muda merupakan menu minuman favorit berbuka puasa yang cocok dengan cuaca panas Purwakarta selaian itu ketika Anda menyantap sate maranggi, air kelapa muda terbukti berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

Masih banyak makanan khas Purwakarta, yng bisa dijadikan teman buka puasa. Masing masing, wilayah beda makanan khasnya. Yang lima tadi itu, makanan khas Purwakarta, namun masih umum karena didaerah lain juga ada. Yang membedakan cita rasanya, saja.
(Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda