Warga Dihimbau Waspada Pergerakan Tanah Masih Terjadi di Sukabumi. - serberita

Sunday

Warga Dihimbau Waspada Pergerakan Tanah Masih Terjadi di Sukabumi.



SERBERITA. COM | SUKABUMI -  Pergerakan tanah yang terjadi beberapa hari ini, terus dipantau oleh BPBD Kabupaten Sukabumi, Minggu, 24 Oktober 2021, Polsek Purabaya.

Dilokasi bencana, Kapolsek Purabaya AKP, Tenda Sukendar, SH, MH, melaporkan perkembangan bencana alam pergerakan tanah sampai,  Minggu (24/10/2021) pukul 13.00 wib, masih terjadi dan warga diharap waspada.

Data terakhir,  perkembangan bencana alam pergerakan,  menurut AKP,  Tenda Sukendar  satu desa terdampak di Kampung Cigulusur RT.  01/01,  Desa Margaluyu, Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi.

Sebanyak enam  rumah terdampak dengan jumlah kepala keluarga (KK)  delapan  dan ada  25 jiwa.


Masih kata Tenda,  untuk jumlah yang terancam sebanyak 11 rumah dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 14 KK dan jumlah jiwa sebanyak 32.

" Jumlah terdampak dan terancam bencana alam pergerakan tanah sebanyak 17 rumah, jumlah KK  sebanyak 22,  dan jumlah 57 jiwa", jelas mantan Kasat Sabhara Polres Sukabumi.

 Saat ini, ada enam KK atau 17 jiwa yang mengungsi di tenda BPBD Kabupaten Sukabumi, satu KK  atau empat  jiwa mengungsi disaudaranya sedangkan  satu KK  lagi atau empat  jiwa mengungsi di PPN  tanah kontrak", ujarnya.

Sedangkan untuk Desa Citamiang meliputi Kampung Sawahlega, RT 06/05 dengan jumlah yang terancam rumah sebanyak tujuh  rumah, jumlah KK  sebanyak 77 dan 27 jiwa.

Saat ini sudah ada personil yang terdiri dari personil Polsek Purabaya, Koramil Purabaya, BPBD Kabupaten Sukabumi, SWKS, Nakes Puskesmas Purabaya, Satpol PP dan relawan.

" Perkembangan terakhir masih ada perobahan pergerakan tanah akibat ada getaran selama 30 menit sehingga mengakibatkan retakan tanah kurang lebih 5 cm", jelas Kapolsek lagi.

Saat ini dilokasi sudah didirikan Posko Terpadu Tanggap Darurat Bencana untuk kegiatan penyaluran bencana, edukasi dan psikologi kepada pengungsi.

Selain itu juga telah didirikan dapur lapangan, kesehatan lapangan dan pendataan pengungsi.

Sesuai arahan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah saat ini Kapolsek Purabaya dan anggotanya sudah berada dilokasi selain melaksanakan bantuan tanggap bencana.

Pengamanan juga turut menghimbau agar masyarakat tetap waspada karena potensi ancaman masih ada diakibatkan hujan masih terus turun.
(Hny/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda