Petahana Hampir Merata Kalah di Pilkades Serentak Purwakarta - serberita

Sunday

Petahana Hampir Merata Kalah di Pilkades Serentak Purwakarta


SERBERITA.COM | PURWAKARTA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 16 Oktober 2021, membuat  kejutan hampir merata disetiap kecamatan, calon patahana kalah.

Penomena ini menjadi sorotan, banyak pihak angkat bicara.  Pengamat sosial Tarman Sonjaya, Minggu, 17 Oktober 2021, mengatakan bahwa jabatan kades menjadi saksi sejak adanya anggaran dana  desa (DD) dan lainnya yang dikucurkan baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

Tapi, bukan hanya itu indikatornya, masyarakat sekarang ini sudah melek ilmu. Jadi kades yang mampu mengelola wilayahnya menghasilkan sumber anggaran desa yang dibutuhkan .

Jadi bukan keberhasilan bila kades hanya bisa membangun dengan anggaran pemerintah. Apalagi  kades yang ikut mengelola keuangan bantuan pemerintah sehingga menjadi sorotan masyarakat.

Hasil Pilkades, kemarin tidak sedikit patahana yang kalah oleh pendatang baru. Tapi, ada juga yang melanjutkan karena meraih suara terbanyak  Seperti Desa Cikumpay,  Hj. Rusmiati. Desa Cikeris Dasep Sopandi, Desa Karyamekar, Nardi, Desa Sumutugul, Dani Mubarok, Desadan yang lainnya.
 Cibeber, Anwar Sadat.

Namun yang kalah tidak sedikit juga hampir merata di setiap kecamatan. Seperti Desa Citalang, Kecamatan Tegalwaru, H. Halir, Kemudian Uci Sanusi. Desa Sukatani, Kecamatan Asep Sumpena, Hilman dan Desa Sukamaju.

Desa Ciririp Kecamatan Sukasari, Duleh, tumbang, oleh pendatang baru. Desa Campakasari dan Campaka, keduanya dimenangkan pendatang baru, Boyan dan Aji.

Tambah Tarman, ini harus menjadi PR kades yang menang. Bahwa selain kades harus mau belajar juga membangun emosional dengan masyarakat, menjadi bagian terpenting untuk kedepannya.

Peran pemerintah juga penting, yang jangn terlalu dalam mengatur keuangan desa. " Seperti anggaran DBHP, Dana Desa, berikan keleluasaan desa mengatur anggarannya karena selain Pertanggungjawaban secara administrasi juga ada  pertanggungjawaban kepada masyarakat yang  tidak kalah penting' tegasnya.
(Aha)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda