Sate Maranggi Makanan khas Purwakarta - serberita

Sunday

Sate Maranggi Makanan khas Purwakarta



SERBERITA.COM| PURWAKARTA - Sate Maranggi, salah satu makanan khas Kabupaten Purwakarta. Dari sekian banyak sate maranggi, di Kabupaten Purwakarta, Sate Maranggi, Haji Yetty, banyak dikunjungi penggemar sate Maranggi bahkan pengunjungnya banyak dari luar Kabupaten Purwakarta.

Sate Maranggi Haji Yetty, beralamat di Kecamatan Bungursari, tepatnya di hutan jati dekat Kantor Kecamatan Bungursari.

Tentunya sekilas ingin mengetahui Sate Maranggi Haji Yetty, yang sekarang namanya melejit dan pengunjungnya ribuan perhari yang datang, sebelum wabah Covid 19.

Sama, dalam perjalanannya Sate Maranggi Haji Yetty, seperti pengusaha-pengusaha lainnya. Ada masa perjuangan yang tidak mudah dilalui seperti kondisi seperti sekarang ini.

Awal perjalanannya usaha dimulai tahunn1980, saat itu almarhum Haji Rasta, belum berjualan sate Maranggi, " Saat itu, yang dijajakan hanya es kelapa muda dan pertama lokasinya belum di Hutan Jati. Tapi di dekat Stasion Cibungur" ujar Haji Yetty.

Perjalanan usahanya tidak semulus yang diharapkan, karena tempat usaha Es Kelapa Muda, sempat pindah, ke belakang Stasion Cibungur, baru Tahun 1990, Haji Rasta pindah ke Hutan Jati di pinggir jalan yang sekarang ditempati.

Haji Rasta dikarunia lima putra dan putri, yang sekarang mengelola Sate Maranggi Haji Yetty. "Ini, boleh dikata usaha keluarga namun dengan management yang sangat rapi"ujarnya.

Es Kelapa Muda, cikal bakal hadirnya usaha Sate Maranggi, Sop, Karedok dan lainnya.

Usaha yang dulu dirintis oleh almarhum H Rasta, kemudian dilanjutkan oleh putra dan putrinya

Seiring dengan perjalanan usahanya, embrio makanan yang tidak kalah digandrungi pengobi kuliner, seperti Sate Maranggi, Sop, Karedok, ikan bakar dan masih banyak makanan yang disajikan bila makan di Sate Maranggi Haji Yetty.

Untuk membedakan siapa pemilik usaha adalah, Sate Maranggi dan yang serba di bakar menjadi tanggung jawab Haji Yetty. Sedangkan makanan lainnya yang mengelola adalah saudaranya. Namun bren tetap satu, nama Sate Maranggi Haji Yetty.

Rasanya tidak lengkap, bila berkunjung ke kabupaten Purwakarta, yang saat ini banyak tempat wisata bila tidak mencicipi makanan khas Kabupaten Purwakarta, yakni Sate Maranggi Haji Yetty.

Managemen menjadi kunci sukses Sate Maranggi Haji Yetty, selain soal pelayanan yang serba cepat dan ramah serta dermawannya putra dan putri almarhum H. Rasta.

Jumlah karyawannya  tidak kurang dari 200 orang. Dengan honor standar UMK dan dilindungi oleh BPJS  Ketenagakerjaan maupun  Kesehatan.

Dimasa pandemi, managemen mengikuti arahan atau himbauan pemerintah dan saat ini walau buka, ketat dengan prokes dengan  dilengkapi  pengukur suhu, setiap jarak dilengkapi bak cuci tangan dan masker menjadi wajib bagi pengunjung yang ingin mencicipi makanan khas Kabupaten Purwakarta.

Sate Maranggi, yang berlokasi di Hutan Jati Kecamatan Bungursari, menjadi  ikon makanannkhas Purwakarta.
(Yn/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda