Pemudik yang Lolos di Karawang, Diputar Balik di Titik Sekat Selanjutnya - serberita

Monday

Pemudik yang Lolos di Karawang, Diputar Balik di Titik Sekat Selanjutnya

Kapolda Jabar, Irjen (Pol) Ahmad Dofiri, di Cileunyi Kabupaten Bandung. (Foto: Net)

wartaindustri.id | BANDUNG –
Menyusul viralnya video gerombolan pemudik bersepeda motor menerobos pos penyekatan polisi di Karawang beberapa waktu lalu, polisi telah menambah pasukan di titik penyekatan larangan mudik di beberapa titik.


“Kita sudah mengantisipasi di beberapa titik sekat seperti di Karawang, Patokbeusi Subang, Patrol sampai Cirebon kita akan menambah pasukan dan 1x24 jam,” kata Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen (Pol) Ahmad Dofiri, di pos penyekatan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/5/2021).


“Jadi, jangan berharap dapat melewati petugas dengan mengetahui bahwa kapan istirahat, kapan waktunya berbuka,” tambahnya.


Dofiri menjelaskan, lolosnya para pemudik tersebut dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan. Akan tetapi kendaraan yang lolos tersebut tetap dihalau di titik penyekatan berikutnya.


“Kemarin yang terjadi di Karawang bahwa diloloskan memang situasinya dua jalur sudah dipakai oleh para pengendara, sehingga kalau dibalikkan tidak mungkin. Sehingga sebagian, sekitar setengah jam kita loloskan, tetapi di Subang mereka pun akan dibalikkan,” katanya.


Dofiri mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi larangan mudik Lebaran 2021. Sebabnya, larangan mudik bertujuan agar penularan Covid-19 bisa terkendali.


“Saya ingatkan bahwa titik penyekatan di wilayah hukum Polda Jabar ada 158 titik,” ucapnya.


Senada dengan Kapolda Jabar, Gubernur Ridwan Kamil pun menyebut para pengemudi yang nekat menerobos pos penyekatan sudah dihalau petugas gabungan di titik lain.


“Yang kemarin nerobos-nerobos itu jangan senang dulu, karena disekat lagi di penyekatan berikutnya. Jadi tidak betul semua itu lolos juga. Laporan dari polres-polres sudah dilakukan pemutar balikkan,” ujar Kang Emil – sapaan Ridwan Kamil.


Selain itu, Kang Emil juga menyebut bahwa ada laporan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang mengkarantina pemudik yang lolos.


“Kalaupun masih lolos juga itu Bhabinkamtibmas dan Babinsa melaporkan ada yang dikarantina juga,” ujarnya. (lip/ant/w-03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda