Hari Ini Mulai Pendaftaran Bacakades di Purwakarta, Ma’mur Hidayat "Ngabalakan" di Desa Wanayasa - serberita

Sunday

Hari Ini Mulai Pendaftaran Bacakades di Purwakarta, Ma’mur Hidayat "Ngabalakan" di Desa Wanayasa

Ma'mur Hidayat didampingi Kang Yadi dan Kang Maman mengambil formulir pendaftaran bacades Desa Wanayasa, yang diserahkan oleh Ketua Panitia Pilkades Wanayasa, Iip Syaripudin. (Foto: KY)

wartaindustri.id | PURWAKARTA –
Pendaftaran bakal calon kepala desa (bacakades) dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkadestak) di Kabupaten Purwakarta dimulai, Minggu (16/5/2021).

 

Dari 170 desa di Kabupaten Purwakarta yang akan menyelenggarakan Pilkadestak, tampaknya Panitia Pilkades Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa tercatat sebagai yang pertama menerima pengambilan formulir pendaftaran bacakades.

 

Adalah Ma’mur Hidayat yang pertama “ngabalakan” (mengawali) mengambil formulir pencalonan bacakades di Sekretariat Pilkades Desa Wanayasa pukul 11.00 WIB.

 

Abah Amung – sapaan karib Ma’mur Hidayat, datang ke tempat pendaftaran bacakades setempat yang berlokasi di Aula Desa Wanayasa, didampingi oleh Yadi Syafrudin dan Maman.

 

Ia diterima langsung oleh Ketua Pilkades Desa Wanayasa, Iip Syaripudin bersama jajaran panitia lainnya, Didin Syafrudin.

 

Menurut Kang Yadi – sapaan Yadi Syafrudin, sedianya Abah Amung akan didampingi oleh tiga orang. Hanya yang seorang lagi, Hadi Mulya, sedang sibuk “ngokolotan” menjaga area wisata Situ Wanayasa.

 

“Ya, akhirnya saya dan Kang Maman yang mendampingi Si Abah,” kata Kang Yadi, di area wisata Situ Wanayasa.

 

Kasi Tata Kelola Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Cepi, membenarkan bahwa hari ini sudah masuk pada tahapan pengumuman waktu dan persyaratan pendaftaran.

 

"Hari ini adalah pengumuman dan pendaftaran balon yang akan ikut Pilkades, " katanya, saat dihubungi melalui whatsapp, Minggu (16/5/2021).

 

Sedangkan tahapan  lainnya, masih dalam masa pendaftaran, adalah penelitian berkas selama 20 hari dimulai tanggal 25 Mei sampai 13 Juni 2021.

 

Ketentuan lainnya soal teknis, kata Cepi, sesuai dengan tahapan Pilkades yang jauh-jauh hari sudah disebarkan ke setiap desa.

 

Tambahnya, bahwa panitia Pilkades, wajib mengumumkan kepada publik atau umum tentang waktu dan penutupan pendaftaran.

 

"Mulai hari ini, panitia Pilkades 170 desa yang  akan  menyelenggarakan Pilkades,  mulai membuka pengumuman pendaftaran dan penutupannya," tambah Cepi.

 

Selain Desa Wanayasa, yang sudah mulai ramai mengumumkan pendaftaran adalah Desa Pondokbungur, Kecamatan Pondoksalam. (warin 02/03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda