Geliat Pilkades Desa Cibening, Empat Balonkades Sudah Siap Bertarung - serberita

Friday

Geliat Pilkades Desa Cibening, Empat Balonkades Sudah Siap Bertarung

Salah seorang pendaftar Bacakades di Desa Cibening, Ruly Ardhi Nugroho (berdiri kiri) sedang menyerahkan berkas pendaftaran. (Foto: W-01)

wartaindustri.id | PURWAKARTA
-  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta mulai menggeliatkan persaingan. Sudah ada empat bakal calon kepala desa (bacakades) yang mendaftar sampai Jumat (21/5/2021).

"Sudah empat yang mendaftar, yakni Agus Sopian, Kusnadi, Ruly Ardhi Nugroho, dan  Yandi Ependi, " kata Sekretaris Pilkades Desa Cibening, Suhaya, saat dihubungi, Jumat (21/5/2021) sore.

Sementara jumlah pemilih di Desa Cibening ada 8.407 orang, yang terdiri dari 4.219 orang laki-laki dan 4.278 orang perempuan. Nantinya mereka akan mencoblos di 18 tempat pemungutan suara (TPS).

"Jumlah rata-rata pemilih di setiap TPS maksimal 500 orang,” tambahnya.

Pengamat politik di Kecamatan Bungursari, Saeful Wahyudin, mengatakan bahwa rata-rata di setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades di Kecamtan Bungursari, cukup dinamis.

Jabatan kades, lanjutnya, sekarang tidak kalah pamor dengan anggota DPRD. Selain sama-sama  dipilih oleh rakyat,  juga jabatan kades bersama lembaga lainnya di desa, mengelola pembangunan, bergerak di bidang sosial, serta keuangan yang lumayan besar.

Dikatakannya, untuk Desa Cibening Bungursari, dinamikanya akan kencang. Karena potensi desanya cukup bagus. Pendapatan Asli Daerahmya saja (PAD)  Desa Cibening misalnya, yang berasal dari Bumdes.

Sepertinya  belum mencapai maksimal.  Bila melihat data yang disosialisasikan.

Misalnya  sumber dari Bumbes hanya 1.1 juta dan pendapatan lain-lain hanya 4 578.284.

"Itu belum.maksimal, melihat  potensi Desa Cibening, selain mempunyai tanah bengkok dan adanya' lokasi ( Rumah sakit dan Hotel) serta  perusahaan dan lainnya masih bisa digali pontensi PAD nya.

Sedangkan potensi dari pemerintah seperti dari Alokasi Dana Desa 885. 093.000,  Dana Desa 943.193.000. DBHP 521.000.000. Banprov 130.000.000 dan Bantuan Keuangan Kabupaten 316.357.250.

Maka, rasional bila ada persaingan dalam Pilkades bulan Agustus mendatang. Karena untuk mengelola keuangan cukup besar diatas 2 miliar

"Itu  yang membuat  gengsi kades sekarang menjadi incaran,” ujar Saiful.

Artinya ada sumber-sumber dana desa, yang bisa dikelola  untuk meningkatkan pendapatan desa, selain dana yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, mapun  APBD Kabupaten, cukup besar.

“Apalagi sekarang  desa menjadi ujung tombak pembngunan secara mandiri,” imbuhnya.

Oleh karena itu, menurut Saiful, seharusnya SDM  balon kades ditingkatkan lagi. Misalnya dalam persyaratan pendidikan, minimal lulusan SMA dan yang sederajat. (Warin 02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda