Dua Hari Larangan Mudik di Jabar, 22 Ribu Kendaraan Diputar Balik - serberita

Friday

Dua Hari Larangan Mudik di Jabar, 22 Ribu Kendaraan Diputar Balik

Ilustrasi: Salah satu pos penyekatan larangan mudik Lebaran di Jabar. (Foto: Ist.) 

wartaindustri.id | BANDUNG –
Selama dua hari penyekatan larangan mudik Lebaran, tak kurang dari 22 ribu kendaraan yang ketahuan keukeuh mau mudik, diputar balik petugas gabungan di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).


"Sudah 22 ribu (kendaraan) diputarbalikkan karena ketahuan curi-curi mudik," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, usai Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi di Bandung, Jumat (7/5/2021).


Selain itu, petugas juga sudah memeriksa lebih dari 64 ribu kendaraan di 158 titik penyekatan seperti batas kota, gerbang tol, dan jalan-jalan alternatif yang dikenal sebagai jalan tikus.


Menurut Kang Emil – sapaan Ridwan Kamil, proses pelarangan mudik yang berlaku efektif mulai 6 Mei 2021 sampai 17 Mei 2021 iru, sangat dinamis. Hal iru merupakan imbas dari adanya pemberitaan terjadinya penumpukan di berbagai daerah tujuan mudik.


"Dan hikmahnya hari ini lalu lintas lebih lengang. Karena pemberitaan terjadinya dinamika luar biasa kemarin. Membuat yang mau mudik mengurungkan niat," tuturnya.


Sementara itu, terkait mudik lokal atau aglomerasi, Kang Emil menuturkan hanya mengizinkan kegiatan produktivitas saja.


"Sudah diputuskan aglomerasi itu diizinkan hanya kegiatan produktivitas. Orang tinggal di Cimahi kerja di Bandung tidak akan dirazia, tidak akan disekat. Tetapi tidak boleh dijadikan alasan untuk mudik," katanya. (ant/lip/w-03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda