Tarung Derajat Jadi Mulok Pendidikan Karakter di SMAN 1 Banyusari Karawang - serberita

Thursday

Tarung Derajat Jadi Mulok Pendidikan Karakter di SMAN 1 Banyusari Karawang

Deni Saepul Hayat. (foto: warin 02)

wartaindustri.id| KARAWANG -
Pendidikan karakter dalam satu tahun ini terus dikembangkan oleh SMAN 1 Banyusari, Kabupaten Karawang. Siswa dilatih mental dan cara berpikir dari filosofis cabor Tarung Derajat.

 

Mulai tahun ini, pelajaran muatan lokal (mulok) masuk kurikulum pendidikan di SMAN 1 Banyusari. Uniknya mulok yang dimasukkan dalam kurikulum adalah cabang olah raga (cabor) Tarung Derajat.

 

"Karena masuk kurikulum pelajaran Tarung Derajat, maka seluruh siswa SMAN 1 Banyusari, mengikuti pelajaran Tarung Derajat," ucap Deni Saepul Hayat, di ruang kerjanya, Kamis (8/4/2021).

 

Tambahnya, bahwa pengertiannya bukan SMAN 1 Banyusari  wajib siswa mengikuti mata pelajaran Tarung Derajat. Namun karena cabor Tarung Derajat masuk kurikulum pelajaran, setiap siswa harus punya nilai.

 

Pendidikan karakter dan mental menjadi unggulan di sekolah yang sudah meluluskan tiga angkatan ini.

 

Mata pelajaran Tarung Derajat, bagi siswa bukan hanya berlatih fisik saja. Tetapi teorinya dan intisari pendidikan mental menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

 

Filosofis Tarung Derajat sangat kuat, yakni ‘jadikan dirimu oleh diri sendiri’.  Jadi, itu diterapkan untuk mengasah mental dan berpikir  siswa SMAN 1 Banyusari,” kata Deni.

 

Masuknya kurikulum cabor Tarung Derajat, bukan berarti meniadakan ekskul lainnya. Siswa boleh memilih ekskul yang ada di SMAN 1 Banyusari. Seperti Pramuka, Paskibraka, PMR, seni, dan ekskul multimedia terutama broadcast. (Warin02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda