Kembali, Bom Aktif Sisa Perang Dunia II Ditemukan di Telukjambe Karawang - serberita

Saturday

Kembali, Bom Aktif Sisa Perang Dunia II Ditemukan di Telukjambe Karawang

Ilustrasi: bom sisa Perang Dunia !! (foto: net)

wartaindustri.id | KARAWANG –
Sebuah bom militer jenis mortir yang diduga sisa Perang Dunia II ditemukan di wilayah Telukjambe, Karawang.


Bom tersebut tepatnya ditemukan di sekitar pemakaman Al-Azhar, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, beberapa hari lalu.


Komandan Satuan Brimob Polda Jabar, Kombes Pol. Yuri Karsono, menyampaikan bahwa penemuan bom tersebut bermula dari laporan kepala proyek tanah pemakaman.


Dia mendapat kabar dari para pekerjanya, bahwa telah ditemukan benda yang dicurigai mirip bom pada saat mereka melakukan penggalian tanah. Kemudian masyarakat langsung melaporkan temuan tersebut ke Polsek Telukjambe.


Tak berselang lama, unit penjinak bom tiba di TKP dan langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan bom milter yang masih aktif tersebut.


“Masih aktif, dan berbahaya bisa meledak apabila bom tersebut salah dalam penanganannya,” ujar AKP Sanhaji singkat.


Setelah diadakan pemeriksaan, maka diputuskan bom tersebut dibawa ke Mako Satbrimob Polda Jabar untuk dilakukan penghancuran (disposal) menghindari bahaya ledakan yang bisa terjadi kapan saja, karena masih aktif.


Penemuan bom aktif di wilayah Telukjambe, bukan yang pertama. Sebelumnya, di Desa Cisaat, Kecamatan Telukjambe Timur, bulan Juli 2020 lalu, juga telah ditemukan bom yang juga diduga sisa Perang Dunia II.


Bedanya, bom yang ditemukan di Desa Cisaat itu, jenis granat tangan antipersonal. Ditemukan saat warga, juga sedang menggali tanah.


Sama seperti yang kedua, bom yang pertama pun ditangani langsung oleh Sat Brimob Polda Jabar dari Unit Jibom Detasemen Gegana. (tribrata/warin 03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda