Gedung SDN Batutulis akan Diubah Jadi Pusat Budaya Bogor - serberita

Wednesday

Gedung SDN Batutulis akan Diubah Jadi Pusat Budaya Bogor

Salah satu gedung SDN yang akan diubah menjadi Pusat Budaya Bogor, (Foto: Net)

wartaindustri.id | BOGOR –
Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Batutulis rencananya akan dibangun sebagai Pusat Budaya Bogor. Sedangkan kegiatan belajar-mengajar di SDN Batutulis sudah dipindah ke lokasi lainnya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sopiah, mengatakan hal itu saat mengunjungi kawasan Cagar Budaya Batutulis di Kelurahan Batulis Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Rabu (21/4/2021). 


Menurutnya, kunjungan tersebut dalam rangkaian persiapan menyambut penyelenggaraan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2021 di Kota Bogor, Oktober 2021 mendatang.


Syarifah Sofiah meninjau Cagar Budaya Batutulis didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Atep Budiman, dan Camat Bogor Selatan Hidayatullah.


Menurut Syarifah, ketika Kota Bogor menjadi tuan rumah Kongres JKPI pada Oktober 2021, ada situs sejarah yang bisa dilihat, yakni Istana dan situs sejarah Batutulis yang juga menjadi aset nasional.


Kapasitas di kawasan Cagar Budaya Batutulis tersebut, kata dia, ruangannya sangat kecil, tidak dapat menampung puluhan orang sekaligus.


"Tidak bisa menampung peserta JKPI jika datang ke lokasi," katanya,


Karena itu, kata Syarifah, Disparbud Kota Bogor akan melaksanakan pembenahan, khususnya di lokasi Gedung SDN Batutulis, yang akan dibangun lahan parkir dan kawasan yang lebih representatif.


Menurutnya, pembenahan tersebut untuk mendukung keberadaan pusaka yang keadaannya memerlukan perbaikan dan perawatan, sebelum pelaksanaan Kongres JKPI.


Pemerintah Kota Bogor menyiapkan anggaran sekitar Rp450 Juta untuk pembenahan di kawasan Cagar Budaya Batutulis.


"Mudah-mudahan pembenahannya bisa segera dilakukan karena penyelenggaraan Kongres JKPI pada Oktober 2021," katanya.


Syarifah menjelaskan, kewenangan situs pusaka Batutulis ada pada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, sehingga Pemkot Bogor segera mengundang dan berkomunikasi dengan BPCB untuk menata kawasan situs Batutulis.


"Pembenahan ini tujuannya untuk merawat kepusakaan situs Cagar Budaya Batutulis yang sudah menjadi aset nasional," katanya.


Berdasarkan keterangan masyarakat setempat, ada dua gedung sekolah yang akan diubah menjadi museum, yakni SDN 2 Batutulis dan SDN 3 Batutulis.  Keduanya berada di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan. (ant)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda