Lima Bulan Jelang Pilkadestak, Delapan Desa di BBC Sudah Siaga - serberita

Friday

Lima Bulan Jelang Pilkadestak, Delapan Desa di BBC Sudah Siaga

Camat BBC, Rustaman Arifin saat Jumsih.

wartaindustri.id | PURWAKARTA –
Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkadestak) di Kabupaten Purwakarta masih lima bulan lagi. Tepatnya akan berlangsung 25 Agustus 2021.


Walaupun demikian, Pemerintahan Desa (Pemdes) yang mau ikut Pilkades di Kecamatan Babakancikao (BBC), Kabupaten Purwakarta, sudah menyiagakan petugasnya. Delapan dari sembilan desa yang  ada Kecamatan BBC akan melaksanakan Pilkadestak.


Camat BBC, Rustaman Arifin, melalui Kepala Seksi Pemerintahan (Kasitapem) BBC, Cece Husni, menyebutkan jajaran Bamusdes di delapan Pemdes tersebut, sudah mempersiapkan personilnya. 


"Malahan beberapa Bamusdes sudah membentuk kepanitiaan Pilkadestak," kata Cece Husni, di kantornya, Jumat (12/3/2021).


Cece memerinci kedelapan Pemdes yang akan menggulirkan Pilkadestak di BBC. Yakni Desa Cigelam, Desa Maracang, Desa Hegar manah, Desa Mulyamekar, Desa Kadumekar, Desa Cilangkap, Desa Babakancikao, dan Desa Ciwareng.


"Khusus Desa Cicadas, tak dilakukan Pilkadestak,karena Pemerintahan Desa itu belum habis masa jabatan kadesnya, setelah Pilkades Agustus 2017 lalu," kata Cece Husni.


Soal kelengkapan kepanitiaan dalam Pilkadestak sepenuhnya merupakan hajat Bamusdes di Pemdes masing-masing.


“Pemcam hanya berfungsi sebagai fasilitator dan tak memiliki wewenang lebih jauh seputar hajat demokrasi paling populer di desa itu," kata Cece Husni.


Saat ini, lanjut Cece, berdasarkan data yang masuk melalui Pj Kades, memang sudah masuki ke tahapan pembentukan kepanitiaan Pilkades.


“Alhamdulilah, sudah ada kemajuan," ujarnya.

 

Sementara itu terkait Pilkadestak di masa pandemi, Camat BBC melalui Kasitapem Cece Husni juga kembali mengingatkan, agar seluruh warga yang akan memberikan hak pilihnya selalu terapkan prokes.


"Syukur-syukur sih kalau saatnya nanti, warga sudah paham. Kalaupun lupa hendaknya saling ingatkan, bahwa prokes penting sebagai tindakan preventif," pungkasnya. (dayat Iskandar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda