Jembatan Gantung Balonggandu akan Diperbaiki bukan Dibangun - serberita

Friday

Jembatan Gantung Balonggandu akan Diperbaiki bukan Dibangun

Sekretaris Dinas PUPR Karawang, Asep Hazar. (Foto: SA)

wartaindustri.id| KARAWANG -
Jembatan gantung di Desa Balonggandu,  RT 01 RW 04, Dusun Kertajaya Kecamatan Jatisari akan diperbaiki, bukan dibangun seperti keinginan masyarakat dua desa yang ada di Kecamatan Jatisari.

 

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Asep  Hazar,  mengatakan setelah mendapat ajuan dari beberapa masyarakat dan pemerintah desa, jembatan gantung tersebut akan diperbaiki.

 

“Jembatan gantung Balonggandu memang sudah diusulkan,  sudah disurvei, dan akan direalisasikan bulan April 2021. Bahkan sudah di koordinasikan dengan pihak provinsi,” kata Asep Hazar, di ruang kerjanya, Jumat (5/3/2021).

 

Menurutnya, perbaikan jembatan gantung tersebut akan dilaksanakan setelah pencoblosan kepala desa.

 

“Akan diperbaiki bulan April dengan anggaran Rp200 jt. Tetapi hanya diperbaiki, agar bisa kembali berfungsi dan bukan diubah total,” tambahnya.

 

Menurut Asep, proyek perbaikan jembatan tersebut tidak ditenderkan, namun swakelola.

 

"Kalau diubah total atau dilebarkan berarti mengubah strukturnya, karena jembatan gantung ini bobotnya pada kabel," ucapnya.

 

Karena jika diubah total, lanjutnya, membutuhkan anggaran Rp2,5 milyar.

 

“Itu bisa dibagi-bagi juga ke beberapa jembatan lain, karena kita juga melihat kondisi keuangan dulu, di masa pandemi ini keuangan kita sedang menurun," pungkasnya.

(Santi/Amalia)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda