25 Agustus: Pilkades 13 Desa di Kecamatan Plered Indahkan Prokes - serberita

Friday

25 Agustus: Pilkades 13 Desa di Kecamatan Plered Indahkan Prokes

Persiapan Pilkades di Kecamatan Plered (Foto: Dyt)

wartaindustri.id | PURWAKARTA -
Sebanyak 13 desa dari 16 desa di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang menurut rencana bakal digelar pada 25 Agustus 2021 mendatang.

 

Salah satu desa,yang kini mulai intens mensosialisasikan tahapan Pilkades di Kecamatan Plered adalah Desa Palinggihan.

 

Ketua Badan Musyawarah Desa (Bamusdes) Palinggihan, Ahmad Sayuti, menyebut persiapan Pilkades terus diwacanakan guna kesiapan seluruh personil pendukung yang nanti akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Desa Palinggihan direncakan akan ada enam TPS.

 

"Kita nanti akan terjunkan petugas TPS yang jumlahnya tujuh personil dibantu seorang petugas kesehatan," kata Ahmad Sayuti, di Plered, Kamis (25/2/2021)

 

Ditambahkannya jumlah TPS sebanyak itu, dipandang sudah rasional sesuai dengan jumlah hak pilih Desa Palinggihan yang menyentuh angka 3842 hak pilih.

 

"Kita akan rekrut petugas TPS dari kalangan muda usia. Hal itu berkaca pada Pilpres lalu, sebab jika petugas TPS sudah berumur khawatir saat mendapat tekanan pekerjaan yang terbilang berat akan jatuh sakit," tuturnya.

 

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Camat Plered, Asep Sonjaya Msi, yang diminta tanggapannya seputar persiapan Pilkades di wilayahnya mengatakan, persiapan yang dilakukan jajarannya menyangkut hal nonteknis. Sebab, menurutnya, Pilkades sendiri merupakan hajat Bamusdes di masing-masing masing desa.


"Kita hanya akan ingatkan protokol kesehatan (prokes), mengingat saat Pilkades digelar nanti, masih dalam suasana Pandemi Covid 19. Seluruh warga harus tetap mengindahkan prokes dengan disiplin; mengenakan masker, jaga jarak, dan jangan terlalu berkerumun," terang Asep Sonjaya.

 

Sementara itu Pj. Kades Palinggihan, Ujang Atep, tak banyak berkomentar terkait rencana pesta demokrasi tingkat desa yang segera akan digelar akhir Agustus mendatang tersebut.


"Kita mah hanya siap melaksanakan tugas dari pimpinan, sambil terus menghimbau partispasi aktif warga, dan tetap menjunjung tinggi asas demokrasi," ujar Ujang Atep. (Dayat iskandar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda