Peringatan Hari Kesaktian Pancasila "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" - serberita

Monday

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju"



PURWAKARTA | SERBERITA.COM
- Letkol Arm Andi Achmad Afandi,S.Sos,M.Si, Dandim 0619/Purwakarta, melaksanakan kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2023 bersama PJ.Bupati Purwakarta Benny Irawan, M.Si, MA, bertemakan "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dipimpin Irup Upacara PJ.Bupati Purwakarta Benny Irawan, bertempat di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Kelurahan Nagri Tengah Kec/Kab. Purwakarta, Minggu 1 Oktober 2023.

Pada pembacaan ikrar tersebut bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara: bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila.

Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah upacara, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan sebagai landasan berbangsa dan bernegara sudah seharusnya kita jaga.

"Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara yang harus terus kita jaga dan kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan butir-butir yang terkandung didalamnya," ujarnya.

Dandim juga menyampaikan, selain kegiatan upacara di tingkat Kabupaten ini, dilaksanakan juga upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Apel Kodim 0619/Purwakarta yang dipimpin Irup Mayor Arm Sulkhan, Kasdim Kodim 0619, dengan diikuti 75 personil.

Disampaikan juga oleh Dandim bahwa tujuan dari pelaksanaan upacara ini yaitu, Selain sebagai momen bukti kecintaan kami kepada Pancasila juga sebagai penghormatan kepada para Pahlawan Revolusi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda