Napak Tilas Hari Jadi Purwakarta. Gema Sunda Akan Bersinergi dengan Pemerintah Purwakarta - serberita

Saturday

Napak Tilas Hari Jadi Purwakarta. Gema Sunda Akan Bersinergi dengan Pemerintah Purwakarta


Caption : Pembina Gema Sunda Kabupaten Purwakarta, R. Syamsuri.

PURWAKARTA | SERBERITA. COM - Hari Jadi Purwakarta, tahun ini menjadi momentum bagi masyarakat Purwakarta. Melalui Gema Sunda,  gebyar merayakan hari jadi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, akan terasa  lain dalam merayakan perpindahan pemerintahan Kabupaten Purwakarta, dari Wanayasa ke Sindangkasih.

Dalam perayaan nanti Gema Sunda, akan  mengedepankan  memulyakan para pendirinya yakni Dalem Santri dan  Daleum Solawat.

Caption : Membersihkan Makan Raden Adipati Surianata / Dalem Santri dan pemasangan joglo bagi yang jarah diarea makam.

Pembina Gema Sunda Kabupaten Purwakarta, R. Syamsuri, berkali kali mengatakan saat pertemuan Pantia Napak Tilas  " Moal  aya  ayeuna, lamun teu aya  baheula" ucapnya

Artinya, tidak akan ada sekarang ini, kalau para pendahulu atau karuhun yang mendirikan Purwakarta 

Dikatakannya pula,  bahwa 14  tahun, waktu yang cukup lama masyarakat kota berjuluk kota santri tidak melaksanakan napak tilas.

Tahun ini, di Hari Jadi Purwakarta Ke 193, ( Tahun 2023)  perayaan Napak Tilas yang di gagas Gena Sunda, akan bersinergi dengan rumusan yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta 

Namun, kami  Gema Sunda akan  memberikan masukan kepada pemerintah  bukan hanya sekedar euforia yang muncul, tapi pendalaman dan esensi hari jadi yang menjadi cikal  bakal  Purwakarta, disyukuri melalui doa  bersama di Makan Daleum Santri dan saat Napak Tilas, peserta menggemakan  solawat sepanjang perjalanan.

R. Syamsuri menambahkan, dua momentum tersebut menjadi bagian penting,   menjadi target Gema Sunda, dalam merayakan hari jadi Purwakarta, disampingi hal hal lain yang akan dikomunikasikan dengan panitia  PHBN Kabupaten Purwakarta, termasuk KONI Kabupaten Purwakarta.

Diantaranya saat star dan finish peserta Napak Tilas, yang akan dilaksanakan 29 Juli 2023, harus berbeda dengan kegiatan Napak Tilas sebelumnya 

Caption : Ketua Gema Sunda,
Farid Arimba.

Ketua Gema Sunda Kabupaten Purwakarta, Farid, Jumat, 7 Juli 2023, mengatakan bahwa belum.lancar komunikasi dengan pihak Pemkab Purwakarta, yakni panitia terkait teknis pelaksanaan.

Namun demikian Gema Sunda terus bergerak dari  sisi lainnya termasuk persiapan dilokasi  doa bersama di Makan Dalem Santri,  sedang dibangun tempat berdoa yang berjarah di Makan Daleum Santri.

Tambah Farid, hari jadi Purwakarta, milik masyarakat Purwakarta, pemerintah tidak boleh menghalangi kegiatan hari yang sangat bersejarah  bagi masyarakat Purwakarta.

Kami, siap bersinergi dan menyukseskan rangjausn hari jadi Purwakarta, tahun ini agar lebih bermakna untuk kepentingan bangsa dan negara 
( Akhmad Syah)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda