Wajah Wartawan Purwakarta dan Karawang di Hari Pers Nasional - serberita

Thursday

Wajah Wartawan Purwakarta dan Karawang di Hari Pers Nasional


Akhmd Syah
Pernah menjadi wartawan Pikiran Rakyat dan Pimpinan Umum Koran Jabar Banten

Oleh : Akhmad Syah

PURWAKARTA – Hari Pers Nasional (HPN) hari ini, Rabu, 09 Pebruari 2023, dilaksanakan dengan sangat megah, di Medan Sumatra Utara. Pagelaran HPN Tahun 2023,  dihadiri  tamu undangan, rencananya hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh Gubenrnur di Seluruh Indonesia, termasuk para Duta Besar yang ada di Indonesia.

Gegap gempitanya HPN Tahun 2023, berbeda dari tahun sebelumnya. Namun itu semuanya tidak berbanding lurus dengan wajah pers di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Purwakarta dan Karawang. 

Pers Naional, begitu bersinergis dengan kekuasaan dan saling menghormati satu sama lainnya. Pers, betul dianggap sebagai filar keempat demokrasi di negeri Indonesia tercinta ini.

Perlakuan tidak berimbang sering  dialami oleh wartawan daerah oleh APH. Berita wartawan di culik oleh pejabat Eselon 2, kemudian disekap, luput dari jeratan hukum bagi aktor intelektualnya di Kabupaten Karawang. 

Kemudian wartawan diduga memeras, dijebloskan ke penjara  penyuapnya para Kepala Desa (Kades) luput dari jeratan hukum. Ini menjadi menarik untuk narasi kedepannya yang harus diungkap oleh wartawan baik kasus yang di kl
Karawang maupun di Purwakarta.

Tujuannya, satu. Selamatkam wajah pers baik di Kabupaten Karawang maupun di Purwakarta. Lupakan dulu, siapa yang salah dan kenapa terjadi pemerasan, dari organisasi mana, bukan penghalang..Satu tujuannya nama pers yang sekarang sedang berulang tahun.

Sebagai wartawan, ini adalah pembuka untuk mengungkap kebenaran yang terjadi di beberapa desa di Kabupaten Purwakarta. 

Tentunya sejauh mana pengelolaan anggaran baik Dana Desa, (DD) Anggaran Dana Desa (ADD) Bantuan Provinsi (Banprov) dan anggaran-anggaran lain yang langsung masuk ke rekening desa termasuk anggaran potensi desanya sendiri, yang dirinci melalui APBDes dan Juknisnya melalui Persdes.

Saatnya wartawan Purwakarta dan Karawang , melek demi menyelamatkan wajah pers. Telisik satu persatu persoalan yang menjerat hukum empat wartawan yang dikenal “RENA” singkatan dari nama.keempat wartawan yang kasusnya sekarang, ini  ada di Pengadilan Negeri Purwakarta.

Kemudian kita berharap, mudah-mudahan persoalan-persoalan hukum yang dialami oleh para insan pers di negeri ini, bukan hanya di Kabupaten Purwakartra dan Karawang, yang terangkat di HPN yang digelar secara Mega Bintang di Sumatra Utara atau Medan.

Karena persoalan penanganan kasus wartawan di daerah tidak berbanding lurus hasilnya dengan apa yang telah menjadi kesepakatan antara Dewan Pers, Polri dan Kejagung, dalam menangani persoalan hukum bagi wartawan

Apalagi melihat dan merasakan bagaimana gegap gempitanya  acara HPN Tahun   2023, yang dilaksanakan di Medan, begitu meriah dan seluruh pejabat tumplek plek di Medan Sumatra Utara.

Selamat Hari Pers nasional dan selamat wajah pers Purwakarta dan Karawang.
(Penulis pernah menjadi wartawan Pikiraa
n Rakyat)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda