Kegiatan Gema Tunas yang Digelar FK PKBM di Apresiasi Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda - serberita

Saturday

Kegiatan Gema Tunas yang Digelar FK PKBM di Apresiasi Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda



SERBERITA.COM | PURWAKARTA
- Kegiatan Gema Tunas se-Provinsi Jawa Barat digelar oleh Forum Komunikasi pusat kegiatan belajar masyarakat Jawa barat, berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11-13 Nopember 2022.

Kegiatan tersebut di ikuti dari 27 kabupaten di Jawa Barat, di laksanakan di parang Gombong, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jum'at (11/11/22)

Dengan tema "Semangat membangun karakter peserta didik PKBM yang mandiri sebagai wujud pengabdian membangun ketangguhan bangsa"

Dalam mengusung, pembinaan karakter, dan peningkatan serta keterampilan tentang kepramukaan seperti penanggulangan bencana alam, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bakti sosial.

Menurut Ketua FK PKBM provinsi Jawa Barat Nana Suryana mengatakan pelaksana kegiatan perkemahan gema tunas PKBM se-Jawa Barat adalah warga belajar nonformal dari tingkat Paud (TK), SD (Paket A), SMP (Paket B) dan SMA (paket C).

Dalam menerapkan pendidikan karakter yang tergabung dalam kegiatan gugus depan pangkalan terpadu yang keberadaannya belum tegas secara resmi.

"Belum resmi tetapi pelaksanaannya sudah sangat terbiasa dilakukan dalam pendekatan dan cara tersendiri yang lebih lentur dan fleksibel,"ucapnya

Lanjut Nana, bahwa kegiatan ini biasanya dilakukan ditempat terbuka yang akan memberi ruang baru bagi warga belajar atas dominasi ruang kelas yang selama ini membelenggu.

"Kegiatan di tempat terbuka seperti ini, saya yakin warga belajar mampu mengekspresikan bakat dan minatnya secara bebas dan gembira," ujarnya.

Nana berharap, mudah mudahan dari gema ini mereka menjadi senang, merasa sama bahwa saya sekolah, mereka itu sama dengan pelajar yang lainnya.

Di tempat sama Agus Gunawan pimpinan Saka Jawa Barat menambahkan, Pada intinya Pramuka itu bukan hanya bagian dari pelajar yang biasa (formal) tetapi di PKBM juga ada kegiatan Pramuka.

"Ini adalah PKBM, pendidikan non formal PKBM, Pramuka itu harus tumbuh juga dari masyarakat, sudah jarang yang mencintai tanah air dengan berbakti," tuturnya

"kita akan munculkan ini semua, kita juga orang Indonesia. mari kita bangun semua ini dengan kegiatan yang beraneka ragam, nanti pulang dari sini mereka bisa menerapkan sama teman temannya di PKBM dan bahkan nanti kedepannya PKBM mempunyai no gugus depan seperti pendidikan formal," papar Agus

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda Sangat mengapresiasi kegiatan gema tunas, karena ini baru pertama kali di gagas dan prakarsa sendiri atau inisiatif sendiri.

"Luar biasa swadayanya, saya kira pemerintah pusat atau provinsi dan kabupaten perlu bergandengan tangan dengan teman-teman PKBM di provinsi Jawa barat, agar pendidikan non formal yang selama ini di pimpin langsung oleh PKBM bisa lebih bagus kedepan," ucapnya

Menurutnya, perkembangan PKBM relatif sekarang lebih di minati oleh masyarakat Indonesia, karena sekarang dengan trend gatget dengan kecenderungan digitalisasi.

"Selera dan mut anak anak kita berbeda, dulu pengennya setiap hari langsung sekolah setengah formal sekarang tuh ada trand sendiri, saya merasa PKBM bisa membangun kreativitas dan inovasi Kedepan,"kata Syaiful Huda

Untuk gerakan Pramuka Saka Widya yang di prakarsai PKBM, Syaiful Huda berharap Pramuka bisa menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan cinta negara dan bangsa Indonesia dan sudah teruji.

"Dengan adanya acara perkemahan gema tunas PKBM. Saya berharap selama 3 hari ini akan menanamkan nilai-nilai cinta tanah air. Karena Pramuka sudah terbukti menjadi follower terbaik jadi relawan folontir terbaik bagi komponen cadangan pertahanan Indonesia."pungkasnya

Untuk pembekalan selama 3 hari, Gema tunas PKBM akan menggundang dari DPR RI, Kodim 0619/Purwakarta, kwarda, dan BPBD.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda