Iti Octavia Bupati Lebak, Karang Taruna Harus Mampu Pelopori Ekonomi Kreatif - serberita

Tuesday

Iti Octavia Bupati Lebak, Karang Taruna Harus Mampu Pelopori Ekonomi Kreatif



SEBERITA.COM | LEBAK - Bupati Lebak Provinsi Banten, Iti Octavia Jayabaya dengan menyatakan Karang Taruna Sebagai organisasi kepemudaan mampu bisa memelopori  ekonomi kreatif sehingga dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran di Tengah-tengah masyarakat.

"Kita berharap karang taruna Benar-benar bisa menjadi Sebagai penggerak ekonomi kreatif di masyarakat," Kata Iti Octavia disaat membuka jambore bulan bakti karang taruna di Kabupaten Lebak, pada Minggu (09/10/2022).

Ia mengemukakan, pemerintah Kabupaten Lebak mengapresiasi untuk para pemuda yang tergabung dalam karang taruna harus mampu memproduksi Aneke makanan kuliner, batik,minuman jahe merah dan kerajinan tangan.
Dan bahkan, masih menurut dia, dengan berbagai produksi yang dihasilkan oleh para pemuda di Karang Taruna itu sudah ada yang menembus pasar Domestik dan juga di mancanegara, dan sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, selanjutnya, hal tersebut dinilai bermanfaat dalam membuka usaha yang bergerak di bidang perdagangan, jasa hiburan dan Obyek wisata.

"Kami berharap karang taruna itu menjadi agen  perubahan untuk mendorong kemandirian dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk bagi masyarakat dan sehingga mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat,"katanya.

Bupati Lebak dengan mengatakan Karang Taruna harus memiliki pemikiran inovatif untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para anggotanya.

Selama ini, bahwa karang Taruna sangat strategis untuk mendorong kemandirian ekonomi sehingga mampu untuk mengatasi kemiskinan dan urbanisasi, dan sebab banyak warga kabupaten Lebak mencari pekerjaan keluar daerah hingga keluar negeri.

"Kami yakin bila pemuda itu dengan memiliki kompetensi dan keterampilan dapat hidup mandiri dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan warga setempat," Menurut Iti Octavia.

Ketua umum Karang Taruna Kabupaten Lebak Bapak H.Kuncoro mengatakan kegiatan jambore Karang Taruna bertujuan untuk membangkitkan semangat cinta tanah air dan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu juga para pemuda mampu untuk menggerakkan perekonomian masyarakat pedesaan dengan di dukung potensi bahan baku dari pertanian, perkebunan,perternakan dan perikanan.

Saat ini, kata dia, para anggotanya Mampu memproduksi ekonomi kreatif dengan menggeluti aneka usaha kerajinan tangan, produksi makanan dan herbal.

Untuk itu pihaknya mengoptimalkan pelatihan digitalisasi agar bisa memasarkan produknya secara daring melalui media sosial, seperti Marketplace, shopee,bukalapak,akulaku,Lazada, Facebook, Instagram, dan Youtobe.

Digitalisasi itu dengan melibatkan tenaga ahli dari anggota Karang Taruna Sendiri"Kami untuk berharap dengan melalui pelatihan digitalisasi itu dapat memanfaatkan dengan memasarkan secara Online dan sehingga mampu meningkatkan pendapatan," menurut kuncoro.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda