Jadwal Buka Puasa dan Fadilah Hari Kedua Puasa Bulan Ramadan - serberita

Monday

Jadwal Buka Puasa dan Fadilah Hari Kedua Puasa Bulan Ramadan


Selamat menunaikan ibadah puasadi Bulan Ramadan (Poto dokumen redaksi)
SERBERITA.COM | PURWAKARTA -  Umat Islam diseluruh dunia, pastinya menyambut datangnya bulan  Ramadan, yang jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Hari ini, Senin, 4 April 2022, adalah  hari kedua melaksanakan puasa di Bulan Ramadan.  Banyak Fadilah atau keutamaan puasa di hari kedua di Bulan Ramadan.                                       
Untuk tertib berpuasa, jangan lupa juga, mengetahui  jadwal buka puasa dan waktu lainnya di hari kedua. 

Berikut jadwal buka puasa, 4 April 2022.     
Imsak, 04:27
Shubuh, 04:37
Dzuhur, 11:55
Ashar, 15:12
Maghrib, 17:56
Isya', 19:05         

Didalam perintah berpuasa, terdapat banyak keutamaan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Salah satunya keutamaan berpuasa di hari kedua Bulan Ramadan.

Menurut Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Universitas Ibrahimy Sukorejo, Banyuputih, Situbondo, Ustaz Ahmad Iqbal Fatoni, dalam kitab Fadha’ilul Asyhar As-tsalatsah karya Syekh Shoduqi, dikatakan bahwa pahala berpuasa di hari kedua setara dengan melakukan ibadah selama setahun.

“Jadi apabila melakukan amal saleh di hari kedua, maka bandingannya nanti sama dengan setahun penuh beribadah,” tuturnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Minggu (3/4/2022).

Namun secara keseluruhan, pada dasarnya, melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadan itu merupakan sebuah implementasi dari rasa sabar. Oleh karena itu, Allah SWT akan melipatgandakan pahala kepada mereka yang senantiasa melakukannya.

Dalam Ar-Qur’an disebutkan;

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ  (الزمر : 10)

“Sesungguhnya pahala-pahala orang-orang yang sabar akan disempurnakan oleh Allah SWT tanpa hisab (tanpa hitungan),” (QS. Az-Zumar : 10).

Hal itu dapat dijadikan pijakan, bahwa seluruh amalan-amalan yang dilakukan di Bulan Ramadan, pahalanya tidak terhingga. Sebab selain sebagai momentum bagi ummat Islam untuk melaih kesabaran, Bulan Ramadan merupakan sebuah momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Berbicara tentang keutamaan puasa, banyak sekali hadist Nabi yang menerangkan tentang keutamaan bagi orang-orang yang melakukan ibadah puasa. Semisal Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam kitab Su’abul Iman. Disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, ‘tidurnya orang yang berpuasa bernilai ibadah, diamnya merupakan tasbih kepada Allah, amal perbuatannya dilipatgandakan oleh Allah, doanya akan di ijabah, dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT,” (Hadist Riwayat Imam Baihaqi). (Nl/Red(

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda