IPB Goes To Field 2021 Mengedukasi Pemasaran UMKM Memanfaatkan Teknologi. - serberita

Tuesday

IPB Goes To Field 2021 Mengedukasi Pemasaran UMKM Memanfaatkan Teknologi.



SERBERITA COM | BOGOR -  Sebanyak 30 kelompok mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB, ingin  mewujudkan visi dan misinya,  memperkuat  pelaku usaha dari persoalan yang dihadapinya 

Permasalahan dan kendala dalam situasi saat  ini, muncul motivasi dalam pelaksanaan IPB Goes To Field (IGTF) 2021 diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University

Tujuannya,  membantu para pelaku usaha yang terdampak ekonomi selama pandemi berlangsung

Dikatakannya, kegiatan ini didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University yang mewadahi Mahasiswa Komunikasi Sekolah Vokasi IPB untuk memiliki satu tujuan dalam membantu pelaku UMKM lingkar kampus. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan ilmu  tersalurkan untuk memecahkan solusi para pelaku usaha.

Kelompok IGTF 3 melakukan kunjungan serta identifikasi pada kediaman Sekaryati. 
Usaha yang dimiliki Sekaryati adalah Jahe Merah Instan.

Dikatakan Sekaryati, dua tahun masa pandemi, berdampak pada keadaan ekonomi yang kurang stabil.

Tentunya setiap insan menginginkan  yang terbaik. Berbagai upaya dilakukan untuk menunjang kehidupan.

Ketua kelompok IPB Goes To Field (IGTF) 3, Afifah Elsa, Senin, (23/11) mengatakan 
kemajuan teknologi yang pesat saat ini, banyak masyarakat mencoba untuk terjun dalam peluang bisnis. 

Mudah mudahan menurutnya, kehadiran  kelompok IGTF 3 mampu  membangkitkan usaha menjadi lebih baik.

Namun seiring berjalan waktu, kehadiran para pelaku usaha lain, bertambah pula tantangan dalam  meningkatkan pendapatan.

Permasalahan yang dihadapi pengusaha rata rata  konsumen tidak kunjung meningkat,  terbatas hanya untuk  wilayah bogor saja. 

Permasalahannya,  karena adanya keterbatasan sumber daya manusia (SDM)  dalam produksi Jahe Merah Instan.

Selama ini, Sekaryati melakukan sistem pemesanan atau pre order.

Usaha yang dimilikinya pun sempat terhenti, akibat situasi pandemi yang berdampak kepada ekonomi masyarakat rendahnya daya beli.

Upaya yang dilakukan sesuai dengan tujuan IPB Goes To Field. Dengan  melakukan  branding,  memperbarui kemasan, membuatkan logo, membuatkan iklan, membuatkan akun e- commerce untuk memperluas konsumen dan target pasar. 

Tujuannya untuk  menghasilkan branding Jahe Merah Instan milik Sekaryati, menjangkau khalayak pasar yang lebih luas


Memanfaatkn perkembangan teknologi yang semakin maju, memudahkan promo tanpa batas.

Kemudian kelompok IGTF 3 juga memberikan arahan kepada Sekaryati, dalam menggunakan media sosial dan pemanfaatan e-commerce dalam digital marketing. 

Supaya manfaat ini tidak dirasakan oleh sendiri, kelompok IGTF 3 turut andil dalam mencerdaskan masyarakat sekitar dalam penggunaan e–commerce.

Sehingga nantinya masyarakat juga dapat berbelanja dengan mudah serta memberikan manfaat serupa kepada pelaku usaha lainnya. 

Melalui pengabdian yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University berharap dapat mendatangkan manfaat yang maksimal.
(Afrah)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda