Ini Alasan MTs Negeri 1 Purwakarta Jadi Pilihan Orang Tua di Perkotaan - serberita

Thursday

Ini Alasan MTs Negeri 1 Purwakarta Jadi Pilihan Orang Tua di Perkotaan

Kepsek MTs Negeri 1 Purwakarta, Uung Ma'sum. (Foto: WI 02)

wartaindustri.id | PURWAKARTA –
Sejak lima tahun lalu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Purwakarta membuat kurikulum pesantren yang kemudian dikembangkan, sebagian siswanya mondok dengan tambahan pelajaran agama khususnya pelajaran Tahfiz.

 

Itulah sebabnya (MTs) Negeri I Purwakarta menjadi salah satu sekolah yang jadi pilihan orang tua siswa di perkotaan, yang ingin putera-puterinya mondok dan merasakan belajar dalam suasana pesantren.

 

Kepala Sekolah (Kepsek) MTs Negeri 1 Purwakarta, Drs. Uung Ma'sum, mengatakan kurikulum pesantrenan, yang dimulai lima tahun ke belakang menjadi cikal bakal adanya program mondok bagi siswa.

 

“Ini semta sesuai kebutuhan wilayah kota. Untuk di daerah, program mondok kurang tepat karena bertebaran  pondok pesantren,” katanya, di ruang kerjanya, Kamis (1/4/2021).

 

Kepsek yang baru menjabat satu bulan ini, punya target untuk siswanya menjadi tahfidz.

 

"Untuk tahfidz saat ini, baru bisa menghapal 11 juz dari 30 juz," ucapnya.

 

Targetnya, sisa masa kerja yang tinggal tiga tahun setengah lagi pensiun, harus ada siswa yang bisa menghapal Alquran 30 juz.

 

Sedangkan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, katanya, pemerintah pusat sudah memberikan kewenangan kepada daerah.


"Itu kan kebijakannya yang punya daerah. Tapi, intinya rasa jenuh siswa, guru, dan orang tua siswa sudah ingin ada KBM tatap muka dalam new normal dan tetap mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

(Warin02)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda