Empat Daerah di Jabar yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - serberita

Friday

Empat Daerah di Jabar yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Pantai Karapyak di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Net)

wartaindustri.id | BANDUNG –
Ada empat daerah di Jawa Barat (Jabar) yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.


Keempat daerah itu adalah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kabupaten Garut.


Hal itu berdasarkan data yang dirilis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar, seperti yang dilansir Antara, Jumat (2/4/2021).


Lebih lanjut Disparbud mengungkapkan, total ada 35.609.459 wisatawan yang telah berwisata ke berbagai objek wisata di Jabar sepanjang tahun 2020.


"Provinsi Jawa Barat kaya akan potensi wisata yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jabar yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19," kata Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik.


Berikut empat daerah di Jabar yang menjadi tujuan favorit para wisatawan.


Pertama, Kabupaten Pangandaran. Kabupaten Pangandaran menjadi tujuan favorit para pelancong yang ingin menikmati keindahan pantai dan wisata alam lainnya.


Berdasarkan catatan Disparbud Jabar ada 3.939.992 wisatawan yang datang selama tahun 2020 lalu.


Adapun sejumlah objek wisata paling banyak dikunjungi yakni, Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Citumang Bodyrafting, Cukang Taneuh dan Green Canyon.


Yang kedua ialah Kabupaten Bandung Barat. Wilayah yang terletak di utara Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah paling banyak dikunjungi wisatawan selama 2020.


Disparbud Jabar mencatat ada 3.440.529 wisatawan baik domestik atau mancanegara.


Sejumlah objek wisata yang sering dikunjungi dan diunggah lewat media sosial antara lain, Maribaya Natural Hotspring, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, Farm House, Floating Market dan The Great Asia Afrika.


Yang ketiga Kota Bandung. Kota Bandung ialah Ibu kota Jabar yang sudah dikenal sebagai salah satu daerah favorit wisatawan.


Lokasinya yang strategis memberi kemudahan bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati kuliner khas Kota Kembang, berbelanja, atau sebagai daerah transit menuju objek wisata.


Disparbud Jabar mencatat, Kota Bandung jadi daerah yang dikunjungi 2.431.290 wisatawan pada tahun lalu.


Yang terakhir ialah Kabupaten Garut. Daerah yang berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, Kabupaten Garut jadi salah satu daerah yang punya daya tarik bagi wisatawan.


Adapun daerah yang dikenal dengan camilan dodol ini punya variasi objek wisata yang beragam. Dari mulai area pegunungan hingga pesisir pantai yang eksotik.


Sepanjang tahun 2020, Kabupaten Garut telah dikunjungi oleh 1.907.007 wisatawan domestik dan mancanegara.


Sejumlah destinasi wisata yang terfavorit antara lain, Kawasan Wisata Cipanas, Kawah Darajat, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, dan Situ Bagendit. (ant/warin 03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda