Tantangan Kang Emil, Konsistensi Daerah Raih WTP - serberita

Tuesday

Tantangan Kang Emil, Konsistensi Daerah Raih WTP

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyerahkan LKPD Tahun 2020. (Foto: Net)

wartaindustri.id | BANDUNG –
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan, mempunyai kewajiban membimbing 27 daerah kabupaten/kota dalam membuat Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020.

 

“Tahun lalu semuanya mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sehingga konsistensi itu sekarang menjadi sebuah tantangan,” kata Kang Emil, panggilan karib Ridwan Kamil, usai menyerahkan LKPD Tahun 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jabar di Kantor BPK Jabar, Kota Bandung, Senin (29/3/2021).

 

Kang Emil menyerahkan laporan keuangan Pemda Provinsi Jabar yang belum diaudit. Sesuai jadwal, akhir bulan ini sampai Mei akan dilakukan pemeriksaan oleh tim BPK, yang hasilnya disampaikan saat (sidang) paripurna.

Kang Emil menjelaskan, terdapat enam kualitas pengelolaan keuangan daerah. Mulai dari dokumen perencanaan keuangan yang harus sinkron, kualitas anggaran belanja dalam APBD, penyerapan anggaran dengan transparan, sampai Opini WTP.

 

“Kami merasa sudah sangat baik bekerja dengan standar-standar prudensial yang baik dan berharap ada kewajaran tanpa pengecualian sehingga bisa WTP yang kesepuluh kalinya,” kata Gubernur Jabar itu.

 

Menurut Kang Emil, pihaknya mendapatkan bimbingan dari BPK Perwakilan Jabar untuk terus memperbaiki proses regulasi keuangan. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi.

 

“Tentulah dengan bimbingan BPK Perwakilan Jabar. Perbaikan-perbaikan, digitalisasi dan teknik-teknik mengurangi kekeliruan sudah dilakukan,” katanya.

Kang Emil berharap perbaikan-perbaikan tidak hanya dilakukan pemerintah provinsi, tetapi juga pemerintah kabupaten/kota di Jabar.
(ant/warin 03)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda