Peringkat Unsika Meningkat Tajam, Menuju Kampus yang Unggul - serberita

Tuesday

Peringkat Unsika Meningkat Tajam, Menuju Kampus yang Unggul


wartaindustri.id | KARAWANG -
Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), saat ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Baik dari segi peringkat, maupun dalam pembuatan jurnal.

 

"Tahun 2020 peringkat Unsika yaitu 2032 sedangkan di tahun 2021 menjadi 157,” kata Dr. Kursin, M. Pd., dalam rapat nengenai Peningkatan Civitas Akademika dan Tenaga Kependidikan yang Unggul di Tahun 2021, melalui aplikasi Zoom, Senin (29/3/2021).

 

Lalu di Sinta Jabar dalam pembuatan jurnal, lanjut Kursin, juga mengalami peningkatan dari tahun 2020 yang sudah 24, dan sekarang mengalami peningkatan lagi di tahun 2021 menjadi 20.

 

Selama delapan bulan terakhir kita telah digerakkan oleh Ibu Rektor kita untuk bekerja bahu-membahu  meningkatkan beberapa hal menuju universitas yang inovatif, kompetitif, dan unggul,” imbuh Kursin.

 

Menurutnya, berdasarkan peningkatan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2015, Unsika berada pada peringkat 1975. Dalam kurun waktu lima tahun,  pada tahun 2020 dalam delapan bulan terakhir menjadi peringkat 443.

 

"Ini adalah salah satu prestasi yang membanggakan dan begitu cepat," ungkapnya.

 

Kemudian capaian yang lain adalah peringkat Sinta nasional yaitu tahun 2020 peringkat Unsika berada pada posisi 232, sedangkan pada tahun 2021 berada pada posisi 157.

 

"Ini sangat luar biasa, karena ini capaian yang real dan dapat dilihat pada website nasional," tambahnya.

 

Dalam kinerja penelitian Kemenristekdikti yang semula Unsika berada pada level rendah di tahun 2019, tetapi di tahun 2021 ini menjadi level tinggi.

 

"Kemudian kinerja kemahasiswaan seperti BEM, BLM dan lainnya tahun 2019 peringkatnya 501 dan saat ini di tahun 2021 menjadi 383 dengan lonjakan sekitar 120an," ungkapnya.

 

Meskipun Unsika saat ini masih jauh dengan perguruan tinggi lainnya seperti IPB, tapi  bukan hal yang mustahil jika suatu saat kelak Unsika bisa duduk sejajar. Dalam pengertian melalui kriteria yang diberikan oleh Kemenristekdikti.

 

"Kita harus terus bersemangat, karena Unsika saat ini sedang bergerak, dan alhamdulillah posisi kita di nasional sudah berada di posisi 443," ujar Kursin.

 

Sehingga melalui kurikulum Unsika dapat mengantarkan sivitas akademikanya mampu berinovasi, berkompetisi dengan yang lainnya, dan akhirnya bisa meghasilkan lulusan yang berkualitas.

 

"Mari kita sama-sama bergerak untuk menuju Civitas Akademika dan Tenaga Kependidikan yang unggul di tahun 2021," harapnya. (Santi)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda