Para Perempuan Tangguh di Pilkades Karawang (1) - serberita

Tuesday

Para Perempuan Tangguh di Pilkades Karawang (1)

Penghitungan suara Pilkades di salah satu TPS di Karawang (Foto: Santi)

wartaindustri.id | KARAWANG –
Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Karawang sudah berlangsung, Minggu (21/3/2021).

 

Pesta demokrasi paling tua di Indonesia itu, berlangsung aman dan kondusif di 177 desa di Kabupaten Karawang. Hasilnya pun sudah banyak diketahui,

 

Namun ada beberapa catatan menarik tentang Pilkades di Karawang. Antara lain, dari 352 kontestan yang didominasi kaum pria, terselip para perempuan tangguh. Tak sekadar turut menyemarakkan, tapi juga memenangkan persaingan.

 

Sebut saja Pilkades di Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek. Tiga dari lima orang kandidatnya adalah perempuan. Salah seorang di antaranya adalah calon petahana, Hj. Tati Nurbingah, SH.

 

Petahana yang naik melalui mekanisme Pergantian Antarwaktu (PAW) itu, ditantang Hj. Yuyun Yunengsih, Iis Sugianti, Asep Saefudin, dan Suhandi.

 

Hasil akhir, kontestasi tersebut dimenangkan oleh Hj. Yuyun Yunengsih yang memperoleh 5.124 suara, disusul Hj.Tati Nurbingah, dengan perolehan suara 4.291. Kemudian Asep Saefudin memperoleh 1.420 suara, Suhandi mendapatkan 1.105 suara, dan Iis Sugianti mendapatkan 122 suara.

 

Tak kalah dari Cikampek, di Kecamatan Cilamaya Kulon juga terdapat perempuan tangguh, yang mampu memenangkan persaingan dalam pemilihan yang paling emosional tersebut.

 

Di Desa Srijaya, Cilamaya Kulon, Lilis Susilawati mengalahkan dua pria pesaingnya, Nursin dan Suherman. Lilis mendapat 2022 suara, sementara Nurisn 1205 suara, dan Suherman 1227 suara.

 

Masih di Cilamaya Kulon, Juhariah memenangkan Pilkades Kutamakmur. Ia mendapatkan 1231 suara, sementara pesaingnya H. Harun dan H. Laing masing-masing memperoleh 929 dan 932 suara.

 

Perempuan tangguh juga ada di Kecamatan Jayakerta. Adalah Hj. Nining Nurnaningsih di Desa Makmurjaya. Ia memenangkan pilkades dengan raihan 2130 suara. Jauh meninggalkan pesaingnya, Ade Suryadi yang memperoleh 950 suara.

 

Di Kecamatan Tempuran juga ada Anita Suryani, yang memenangkan Pilkades di Desa Lemahkarya. Ia memperoleh 1529 suara, mengungguli Ento Thohir yang mendapatkan 1041 suara.

 

Sementara Ratna Ningsih di Desa Jayanegara, masih di Kecamatan Tempuran hanya kalah dengan selisih dua suara dari pesaingnya Nawawi. Ia memperoleh 974 suara berbanding 976 suara yang diperoleh Nawawi.

 

Itulah beberapa di antara perempuan tangguh yang turut menyemarakkan Pilkades Kabupaten Karawang 2021. (brt/red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda