16 Cator Desa di Plered segera Dioperasikan - serberita

Monday

16 Cator Desa di Plered segera Dioperasikan



WI | PURWAKARTA -  Sebanyak 16 Beca Motor (Cator)  di Kecamatan Plered  akan dioperasikan untuk  kendaraan operasional pengelolaan sampah mandiri pedesaan Senin (14/12. Cator yang baru saja dibeli sedang  dichek fisik oleh biro jasa yang mendapat tender, kepengurusan STNK

Dengan adanya check fhisik kendaraan menandai mulai disyahkannya cator untuk mengampas sampah  dijalanan kecamatan yang identik dengan kota santri itu.

Ketua APDESI Kecamatan Plered, Abad Badrudin yang juga mantan Kades Cibogohilir,  ditemui dlapang Warungkandang Plered mengatakan  16 Cator tersebut didapatkan desa desa dari alokasi anggaran Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP),yang digelontorkan Pemkab Purwakarta untuk desa desa di Kabupaten Purwakarta.

"Harga per unit cator ini, merata di seluruh Plered nilainya Rp.36.750.000,-,nantinya armada cator itu akan membantu pihak Pemdes mengelola sampah hingga TPA."terang Abad Badrudin.

Hari ini,kita lengkapi dulu,STNK.  Lalu cator siap dioperasikan."imbuh Abad Badrudin.
ditempat yang sama PJ.Kades Palinggihan Atep,menyebut dengan dioperasikannya Cator, pihaknya sangat terbantu

Sebab selama ini pengelolaan sampah desa diwilayahnya masih dilakukan Dinas  Lingkungan Hidup (LH) secara inklud.

,"Didesa kami Bumdes yang akan mengelola sampah ini,khusus bagi personil yang nangani sampah kita masih lihat orang yang cocok dan intens mengerjakannya." papar Atep.

Persoalannya pengelola sampah harus benar benar siap mengabdi,tak sekedar mau bekerja tetapi harus punya jiwa juang tinggi."Tandasnya.

Pengoperasiaan Cator diharapkan mampu,membantu Dinas Lingkungan hidup, untuk menekan penumpukan sampah yang kerap menggunung di Plered.
(Dayat Iskandar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda